Harga dan Spesifikasi Honda HR-V RS e:HEV 2025, SUV Sporty Fun to Drive!11 Jun 2025
Harga dan Spesifikasi Honda HR-V RS e:HEV 2025, SUV Sporty Fun to Drive!11 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id – Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan New Honda HR-V RS e:HEV pada Selasa, 10 Juni 2025. Ini merupakan varian hybrid pertama dalam lini HR-V yang diproduksi secara lokal, di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat.
Kehadiran model ini menambah jajaran kendaraan elektrifikasi Honda di Indonesia setelah sebelumnya memperkenalkan Civic RS e:HEV dan CR-V RS e:HEV.
Teknologi Hybrid e:HEV
Rahasia kerja dapurpacunya, mobil yang sudah tersedia di dealer mulai pertengahan Juni 2025 ini menggunakan sistem hybrid dua motor.
Dimana mesin bensin 1.5L DOHC i-VTEC Atkinson Cycle bekerja bersama motor listrik utama yang menjadi sumber tenaga utama saat berakselerasi.
Mesin bensinnya menghasilkan 106 PS dan torsi 127 Nm, sedangkan motor listrik mampu menghasilkan 131 PS dengan torsi 253 Nm.
Seluruh daya disalurkan melalui sistem transmisi Electronic Continuously Variable Transmission (E-CVT) yang dikendalikan oleh unit PCU (Power Control Unit) dan baterai lithium-ion.
Skema penggerak ini memungkinkan mobil berjalan dalam tiga mode otomatis: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive, tergantung kondisi jalan dan beban kerja.
Dalam penggunaan harian, terutama di kepadatan lalu lintas kota, Honda HR-V Hybrid ini cenderung mengandalkan tenaga listrik untuk efisiensi yang lebih optimal.
Pembaruan Desain Eksterior
Ngomongin eksterior, varian RS e:HEV mendapat sejumlah pembaruan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Gril depan baru beraksen gelap, lampu depan LED with Adaptive Driving Beam, serta desain bumper yang disesuaikan dengan karakter RS.
Fitur tambahan seperti Active Cornering Light, wiper otomatis, spion dengan fitur Reverse Auto Tilt, dan desain lampu belakang horizontal menjadi elemen yang ditambahkan untuk meningkatkan visibilitas dan fungsionalitas.
Varian ini juga mendapat paket aerodinamika khas RS dengan velg berwarna gelap dan emblem e:HEV beraksen biru sebagai penanda varian hybrid.
“New Honda HR-V kini menjadi sebuah desain SUV hybrid berikonik yang efisien dan tetap menyenangkan untuk dikendarai. Berbeda dengan sistem hybrid lainnya, teknologi e:HEV menghadirkan sensasi khas Honda yang sporty dan fun to drive,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor.
Interior dan Kelengkapan Kabin
Di dalam kabin, layout dashboard dirancang ulang untuk menyesuaikan posisi head unit dan panel AC.
Material soft-touch ditambahkan di beberapa area, terutama di bagian door trim dan konsol tengah.
Fitur kenyamanan mencakup kursi pengemudi elektrik 8 arah, Wireless Charger, kaca spion tengah dengan auto dimming, serta sistem infotainment layar sentuh 8 inci dengan konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.
Tiga port USB-C, termasuk di baris kedua, dan tweeter tambahan menjadi perbedaan dengan varian non-hybrid. Honda juga menyematkan sistem All Auto Power Window di semua pintu pada varian RS e:HEV, menjadikannya salah satu dari sedikit SUV di kelasnya dengan fitur ini sebagai standar.
Sistem Keamanan dan Konektivitas
Sama seperti model hybrid Honda lainnya, HR-V RS e:HEV juga dibekali paket keselamatan aktif Honda SENSING™, yang mencakup fitur seperti:
Adaptive Cruise Control
Collision Mitigation Braking System
Lane Keeping Assist System
Lead Car Departure Notification
Auto High Beam
Jumlah airbag enam unit menjadi standar di seluruh varian hybrid. Kamera belakang dengan tiga sudut pandang dan fitur Hill Descent Control juga telah ditambahkan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara di medan curam.
Tak ketinggalan, sistem konektivitas Honda CONNECT juga tersedia. Aplikasi ini memungkinkan pemilik memantau status kendaraan, membuka dan menyalakan mobil dari jarak jauh, serta mengatur notifikasi batas kecepatan atau zona parkir melalui ponsel.
Varian dan Harga Lengkap
Honda menawarkan lima varian untuk New HR-V 2025, termasuk tiga varian hybrid. Berikut rincian lengkapnya berdasarkan harga OTR Jakarta:
1.5L RS e:HEV – Varian tertinggi dengan fitur lengkap: Rp 488.000.000
1.5L e:HEV Modulo – Varian hybrid dengan body kit Modulo: Rp 460.700.000
1.5L e:HEV – Varian hybrid dasar tanpa aksesori tambahan: Rp 449.000.000
1.5L E+ CVT – Mesin bensin dengan tambahan fitur: Rp 422.000.000
1.5L E CVT – Varian entry-level bermesin bensin: Rp 399.900.000
Seluruh harga di atas berlaku untuk pembelian mobil pertama dengan nomor rangka tahun 2025. Perbedaan utama antar varian terletak pada teknologi penggerak, paket desain, serta kelengkapan fitur interior dan keselamatan.
Lihat Selengkapnya
Pabrik GAC AION Di Purwakarta Resmi Beroperasi10 Jun 2025
Pabrik GAC AION Di Purwakarta Resmi Beroperasi10 Jun 2025
PURWAKARTA, GoodCar.id - GAC Aion resmi memulai operasional pabrik kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Purwakarta, Jawa Barat, melalui kemitraan dengan pabrik perakitan ini merupakan investasi IndomobilGroup melalui PT National Assemblers (NA).
Mengusung konsep “Lighthouse Factory”, pabrik ini merupakan perwujudan manufaktur cerdas yang ramah lingkungan, didukungteknologi terkini dan sistem produksi terintegrasi.
Pabrik ini dirancang untuk memenuhi tuntutan pasar yang berkembang pesat, khususnya di segmen kendaraan listrik murni.Sejalan dengan filosofi GAC “percepatan produksi dan pengembangan bertahap”, GAC memastikan proses produksi yang fleksibel, efisien, dan berorientasi pada kualitas terbaik.Pabrik pintar berstandar global ini, siap memperkuat posisiIndonesia sebagai pusat produksi kendaraan energi baru (EV) di Asia Tenggara.
Melalui peresmian operasi pabrik perakitan ini, GAC juga mempertegas komitmen jangka panjangnya:
“Datang ke Indonesia, Untuk Indonesia”, sejalan dengan strategi global One GAC 2.0 yang mendorong pengembangan industri otomotif berkelanjutan.
“Indonesia adalah pasar kunci dalam ekspansi global GAC danmenjadi garda depan strategi pengembangan luar negeri kami. Dengan peresmian pabrik perakitan milik PT National Assemblers, kami ingin memperkuat kontribusi kami untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas industri, dan transformasi mobilitas berkelanjutan di Indonesia.” Ucap Mr Wei Haigang, President of GAC international.
Seluruh pengoperasian perakitan sepenuhnya mengadopsi sistemmanufaktur canggih dari NEV Lighthouse Factories GAC di Tiongkok, dengan 100% konektivitas data di seluruh proses produksi. Hal ini memungkinkan kontrol kualitas yang presisi serta efisiensi operasional yang tinggi.
Mendukung lebih dari empat jenis kendaraan akan diproduksidisini, termasuk sedan, SUV, dan MPV. Bahkan, untuk menjawab Indonesia, GAC dan Indomobil akan memenuhi kebutuhan pasardengan menghadirkan model 7 tempat duduk. Proses pergantian lini produksi dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 menit, hal ini memungkinkan produksi yang cepat dan responsif. Kapasitas yang ada saat ini pun mampu memproduksi kendaraan dengan perhitungan 3 JPH (Jobs Per Hour) dan akan ditingkatkan menjadi 5 JPH.
Pada tahap awal, kapasitas pabrik dirancang untuk memproduksi hingga 20.000 unit per tahun. Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan menambah sejumlah investasi untuk meningkatkankapasitas produksi hingga 50.000 unit per tahun, untukmemenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor. Dengan fleksibilitas lini produksi, Indomobil Group akan mendukung perakitan kendaraan listrik murni (EV) dan kendaraan hybrid (HEV/PHEV) GAC sesuai denganperkembangan strategi produk GAC Group.
“Kami bangga bisa mengambil bagian dalam membangunmasa depan otomotif berkelanjutan di Indonesia. Kehadiranpabrik perakitan unit GAC ini adalah bentuk nyata darikomitmen kami untuk tumbuh bersama Indonesia, menciptakan lapangan kerja, serta mentransfer teknologi danpengetahuan.” Tutup mr Wei.
Lihat Selengkapnya
BYD Tersandung Skandal Kerja Paksa di Brasil, Kontrak Ilegal, Sita Paspor Pekerja09 Jun 2025
BYD Tersandung Skandal Kerja Paksa di Brasil, Kontrak Ilegal, Sita Paspor Pekerja09 Jun 2025
CAMACARI, Goodcar.id – Ambisi global BYD, raksasa mobil listrik asal Tiongkok ini lagi terganjal masalah. Jaksa federal Brasil menuding perusahaan itu dan dua kontraktornya melakukan praktik perdagangan manusia dan kerja paksa dalam proyek pembangunan pabrik kendaraan listrik di negara bagian Bahia. Sebanyak 220 pekerja asal Tiongkok diselamatkan, setelah ditemukan hidup dalam kondisi yang oleh otoritas disebut “mirip perbudakan.”
Pabrik yang dibangun di kota Camacari itu sejatinya menjadi tonggak ekspansi BYD ke Amerika Latin. Tapi proyek yang dijadwalkan rampung Maret 2025 itu kini dibekukan menyusul penyelidikan Kantor Jaksa Buruh Federal (MPT).
Pekerja Tidur Tanpa Kasur, Paspor Disita
Dalam laporan resmi, yang dikutip dari laman media BBC 9 juni 2025, disebutkan MPT menuduhkan kepada BYD jika para pekerjanya tinggal di ruang tanpa kasur, dengan satu toilet dipakai hingga 31 orang. Kebersihan dan kenyamanan nyaris nihil. Jam kerja pun disebut ekstrem, tanpa hak istirahat mingguan.
Lebih parah lagi, banyak dari mereka dipaksa menandatangani kontrak ilegal, dikenai potongan gaji hingga 70%, dan dikenakan biaya tinggi bila ingin mengakhiri kontrak. Dalam praktik ini, mereka terjebak dalam sistem debt bondage, atau ikatan utang yang membuat mereka tak bisa pergi.
Paspor para pekerja juga disita. Semua elemen ini, menurut hukum Brasil, masuk dalam kategori “kondisi kerja seperti perbudakan”.
Jaksa Tuntut Rp700 Miliar
Merespons temuan ini, jaksa menuntut ganti rugi sebesar 257 juta real Brasil atau setara Rp700 miliar dari BYD dan dua mitra kontraktornya. Gugatan diajukan sebagai kompensasi atas pelanggaran berat terhadap hukum ketenagakerjaan dan hak asasi manusia.
“Kasus ini bukan sekadar pelanggaran administratif. Ini menyangkut martabat manusia,” ujar perwakilan MPT dalam konferensi pers yang dikutip sejumlah media lokal.
Hingga berita ini ditulis, BYD belum memberikan pernyataan resmi atas gugatan tersebut. Namun dalam respons sebelumnya, perusahaan menyatakan memiliki kebijakan “nol toleransi terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan hukum tenaga kerja.”
Pabrik Camacari seharusnya menjadi fasilitas EV pertama BYD di luar Asia, bagian dari ekspansi besar-besaran ke Brasil—pasar luar negeri terbesar mereka. BYD sudah beroperasi di São Paulo sejak 2015, memproduksi sasis untuk bus listrik.
Kasus ini menyentil realitas industri mobil listrik global, transisi ke energi bersih tidak selalu sejalan dengan etika produksi.
Sementara BYD terus mencetak rekor, bahkan menyalip Tesla dalam penjualan EV di Eropa (data Jato Dynamics, April 2025), pilar keberlanjutan mereka goyah di tingkat paling mendasar, yaitu perlakuan terhadap tenaga kerja.
Sebagi informasi tambahan, Goodcar.id bakal rilis layanan inspeksi mobil @goodspector buat bantu kamu cek kondisi mobil sebelum beli atau dipakai harian.
Pantau terus infonya biar gak ketinggalan layanan praktis dan terpercaya ini!
Lihat Selengkapnya
Daftar Harga Diskon Tol Trans Jawa Terbaru, Berakhir Juli 202509 Jun 2025
Daftar Harga Diskon Tol Trans Jawa Terbaru, Berakhir Juli 202509 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Jelang musim libur Iduladha dan liburan sekolah pertengahan 2025, Jasa Marga Transjawa Tollroad (JTT) memberikan program diskon tol yang berlaku di beberapa ruas strategis. Potongan tarif ini diberikan untuk mendorong kelancaran arus lalu lintas dan sekaligus meringankan beban pengeluaran pengguna jalan tol.
Diskon tarif tol tahun ini berlaku selama 10 hari, dibagi dalam tiga periode, yaitu:
6–9 Juni 2025 (periode Iduladha)
27–29 Juni 2025 (awal libur sekolah)
11–13 Juli 2025 (akhir libur sekolah)
Diskon tol ini berlaku khusus untuk perjalanan menerus, artinya pengguna harus masuk dan keluar di gerbang tol yang telah ditentukan. Selain itu, hanya pengguna uang elektronik (e-toll) dengan saldo cukup yang bisa menikmati potongan tarif ini.
Berikut daftar lengkap harga diskon tol Trans Jawa yang bisa jadi panduan perjalanan hemat Anda:
Tarif Diskon Tol Jakarta–Semarang (GT Cikampek Utama ke GT Kalikangkung)
Periode 6–7 & 27–29 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp413.500
Setelah diskon: Rp330.800
Hemat: Rp82.700
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp639.000
Setelah diskon: Rp511.200
Hemat: Rp127.800
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp841.000
Setelah diskon: Rp672.800
Hemat: Rp168.200
Periode 8–9 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp413.500
Setelah diskon: Rp350.300
Hemat: Rp63.200
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp639.000
Setelah diskon: Rp540.500
Hemat: Rp98.500
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp841.000
Setelah diskon: Rp711.900
Hemat: Rp129.100
Tarif Diskon Tol Semarang–Jakarta (GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama)
Periode 6–7 & 27–29 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp434.500
Setelah diskon: Rp367.100
Hemat: Rp67.400
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp671.000
Setelah diskon: Rp566.100
Hemat: Rp104.900
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp883.500
Setelah diskon: Rp745.900
Hemat: Rp137.600
Periode 8–9 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp434.500
Setelah diskon: Rp347.600
Hemat: Rp86.900
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp671.000
Setelah diskon: Rp536.800
Hemat: Rp134.200
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp883.500
Setelah diskon: Rp706.800
Hemat: Rp176.700
Tarif Diskon Tol Surabaya–Malang (GT Kejapanan Utama ke GT Singosari)
Program diskon juga berlaku untuk perjalanan timur Jawa, khususnya di jalur Surabaya–Malang yang padat saat libur sekolah dan hari raya.
Periode 6–9 Juni, 27–29 Juni, & 11–13 Juli 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp52.500
Setelah diskon: Rp42.000
Hemat: Rp10.500
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp80.000
Setelah diskon: Rp64.000
Hemat: Rp16.000
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp105.500
Setelah diskon: Rp84.400
Hemat: Rp21.100
Diskon tol tidak berlaku untuk pengguna yang tidak melakukan perjalanan langsung antar gerbang yang disebutkan di atas. Artinya, jika pengguna keluar lebih awal atau masuk dari titik yang berbeda, tarif diskon tidak akan dikenakan. Selain itu, transaksi harus dilakukan menggunakan uang elektronik, dan saldo harus mencukupi.
Tujuan Program Diskon: Ringankan Beban, Dorong Mobilitas
Menurut Ria Marlinda, VP Corporate Secretary & Legal JTT, diskon tol ini adalah bentuk dukungan Jasa Marga terhadap kebijakan pemerintah.
"Ini adalah stimulus untuk meringankan beban pengguna jalan tol sekaligus mendorong mobilitas masyarakat dan ekonomi nasional," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (6/6/2025).
Dengan diberlakukannya program ini, masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal, mengecek saldo e-toll, dan memanfaatkan momen diskon untuk perjalanan hemat dan lancar di tengah libur panjang nasional.
Ingin hemat ratusan ribu di jalan tol? Cek kembali rute, tanggal, dan pastikan saldo e-toll cukup agar diskon tol Trans Jawa ini bisa langsung kamu nikmati.
Lihat Selengkapnya
Harga dan Spesifikasi Honda HR-V RS e:HEV 2025, SUV Sporty Fun to Drive!11 Jun 2025
Harga dan Spesifikasi Honda HR-V RS e:HEV 2025, SUV Sporty Fun to Drive!11 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id – Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan New Honda HR-V RS e:HEV pada Selasa, 10 Juni 2025. Ini merupakan varian hybrid pertama dalam lini HR-V yang diproduksi secara lokal, di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat.
Kehadiran model ini menambah jajaran kendaraan elektrifikasi Honda di Indonesia setelah sebelumnya memperkenalkan Civic RS e:HEV dan CR-V RS e:HEV.
Teknologi Hybrid e:HEV
Rahasia kerja dapurpacunya, mobil yang sudah tersedia di dealer mulai pertengahan Juni 2025 ini menggunakan sistem hybrid dua motor.
Dimana mesin bensin 1.5L DOHC i-VTEC Atkinson Cycle bekerja bersama motor listrik utama yang menjadi sumber tenaga utama saat berakselerasi.
Mesin bensinnya menghasilkan 106 PS dan torsi 127 Nm, sedangkan motor listrik mampu menghasilkan 131 PS dengan torsi 253 Nm.
Seluruh daya disalurkan melalui sistem transmisi Electronic Continuously Variable Transmission (E-CVT) yang dikendalikan oleh unit PCU (Power Control Unit) dan baterai lithium-ion.
Skema penggerak ini memungkinkan mobil berjalan dalam tiga mode otomatis: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive, tergantung kondisi jalan dan beban kerja.
Dalam penggunaan harian, terutama di kepadatan lalu lintas kota, Honda HR-V Hybrid ini cenderung mengandalkan tenaga listrik untuk efisiensi yang lebih optimal.
Pembaruan Desain Eksterior
Ngomongin eksterior, varian RS e:HEV mendapat sejumlah pembaruan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Gril depan baru beraksen gelap, lampu depan LED with Adaptive Driving Beam, serta desain bumper yang disesuaikan dengan karakter RS.
Fitur tambahan seperti Active Cornering Light, wiper otomatis, spion dengan fitur Reverse Auto Tilt, dan desain lampu belakang horizontal menjadi elemen yang ditambahkan untuk meningkatkan visibilitas dan fungsionalitas.
Varian ini juga mendapat paket aerodinamika khas RS dengan velg berwarna gelap dan emblem e:HEV beraksen biru sebagai penanda varian hybrid.
“New Honda HR-V kini menjadi sebuah desain SUV hybrid berikonik yang efisien dan tetap menyenangkan untuk dikendarai. Berbeda dengan sistem hybrid lainnya, teknologi e:HEV menghadirkan sensasi khas Honda yang sporty dan fun to drive,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor.
Interior dan Kelengkapan Kabin
Di dalam kabin, layout dashboard dirancang ulang untuk menyesuaikan posisi head unit dan panel AC.
Material soft-touch ditambahkan di beberapa area, terutama di bagian door trim dan konsol tengah.
Fitur kenyamanan mencakup kursi pengemudi elektrik 8 arah, Wireless Charger, kaca spion tengah dengan auto dimming, serta sistem infotainment layar sentuh 8 inci dengan konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.
Tiga port USB-C, termasuk di baris kedua, dan tweeter tambahan menjadi perbedaan dengan varian non-hybrid. Honda juga menyematkan sistem All Auto Power Window di semua pintu pada varian RS e:HEV, menjadikannya salah satu dari sedikit SUV di kelasnya dengan fitur ini sebagai standar.
Sistem Keamanan dan Konektivitas
Sama seperti model hybrid Honda lainnya, HR-V RS e:HEV juga dibekali paket keselamatan aktif Honda SENSING™, yang mencakup fitur seperti:
Adaptive Cruise Control
Collision Mitigation Braking System
Lane Keeping Assist System
Lead Car Departure Notification
Auto High Beam
Jumlah airbag enam unit menjadi standar di seluruh varian hybrid. Kamera belakang dengan tiga sudut pandang dan fitur Hill Descent Control juga telah ditambahkan untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara di medan curam.
Tak ketinggalan, sistem konektivitas Honda CONNECT juga tersedia. Aplikasi ini memungkinkan pemilik memantau status kendaraan, membuka dan menyalakan mobil dari jarak jauh, serta mengatur notifikasi batas kecepatan atau zona parkir melalui ponsel.
Varian dan Harga Lengkap
Honda menawarkan lima varian untuk New HR-V 2025, termasuk tiga varian hybrid. Berikut rincian lengkapnya berdasarkan harga OTR Jakarta:
1.5L RS e:HEV – Varian tertinggi dengan fitur lengkap: Rp 488.000.000
1.5L e:HEV Modulo – Varian hybrid dengan body kit Modulo: Rp 460.700.000
1.5L e:HEV – Varian hybrid dasar tanpa aksesori tambahan: Rp 449.000.000
1.5L E+ CVT – Mesin bensin dengan tambahan fitur: Rp 422.000.000
1.5L E CVT – Varian entry-level bermesin bensin: Rp 399.900.000
Seluruh harga di atas berlaku untuk pembelian mobil pertama dengan nomor rangka tahun 2025. Perbedaan utama antar varian terletak pada teknologi penggerak, paket desain, serta kelengkapan fitur interior dan keselamatan.
Lihat Selengkapnya
Pabrik GAC AION Di Purwakarta Resmi Beroperasi10 Jun 2025
Pabrik GAC AION Di Purwakarta Resmi Beroperasi10 Jun 2025
PURWAKARTA, GoodCar.id - GAC Aion resmi memulai operasional pabrik kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Purwakarta, Jawa Barat, melalui kemitraan dengan pabrik perakitan ini merupakan investasi IndomobilGroup melalui PT National Assemblers (NA).
Mengusung konsep “Lighthouse Factory”, pabrik ini merupakan perwujudan manufaktur cerdas yang ramah lingkungan, didukungteknologi terkini dan sistem produksi terintegrasi.
Pabrik ini dirancang untuk memenuhi tuntutan pasar yang berkembang pesat, khususnya di segmen kendaraan listrik murni.Sejalan dengan filosofi GAC “percepatan produksi dan pengembangan bertahap”, GAC memastikan proses produksi yang fleksibel, efisien, dan berorientasi pada kualitas terbaik.Pabrik pintar berstandar global ini, siap memperkuat posisiIndonesia sebagai pusat produksi kendaraan energi baru (EV) di Asia Tenggara.
Melalui peresmian operasi pabrik perakitan ini, GAC juga mempertegas komitmen jangka panjangnya:
“Datang ke Indonesia, Untuk Indonesia”, sejalan dengan strategi global One GAC 2.0 yang mendorong pengembangan industri otomotif berkelanjutan.
“Indonesia adalah pasar kunci dalam ekspansi global GAC danmenjadi garda depan strategi pengembangan luar negeri kami. Dengan peresmian pabrik perakitan milik PT National Assemblers, kami ingin memperkuat kontribusi kami untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas industri, dan transformasi mobilitas berkelanjutan di Indonesia.” Ucap Mr Wei Haigang, President of GAC international.
Seluruh pengoperasian perakitan sepenuhnya mengadopsi sistemmanufaktur canggih dari NEV Lighthouse Factories GAC di Tiongkok, dengan 100% konektivitas data di seluruh proses produksi. Hal ini memungkinkan kontrol kualitas yang presisi serta efisiensi operasional yang tinggi.
Mendukung lebih dari empat jenis kendaraan akan diproduksidisini, termasuk sedan, SUV, dan MPV. Bahkan, untuk menjawab Indonesia, GAC dan Indomobil akan memenuhi kebutuhan pasardengan menghadirkan model 7 tempat duduk. Proses pergantian lini produksi dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 menit, hal ini memungkinkan produksi yang cepat dan responsif. Kapasitas yang ada saat ini pun mampu memproduksi kendaraan dengan perhitungan 3 JPH (Jobs Per Hour) dan akan ditingkatkan menjadi 5 JPH.
Pada tahap awal, kapasitas pabrik dirancang untuk memproduksi hingga 20.000 unit per tahun. Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan menambah sejumlah investasi untuk meningkatkankapasitas produksi hingga 50.000 unit per tahun, untukmemenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor. Dengan fleksibilitas lini produksi, Indomobil Group akan mendukung perakitan kendaraan listrik murni (EV) dan kendaraan hybrid (HEV/PHEV) GAC sesuai denganperkembangan strategi produk GAC Group.
“Kami bangga bisa mengambil bagian dalam membangunmasa depan otomotif berkelanjutan di Indonesia. Kehadiranpabrik perakitan unit GAC ini adalah bentuk nyata darikomitmen kami untuk tumbuh bersama Indonesia, menciptakan lapangan kerja, serta mentransfer teknologi danpengetahuan.” Tutup mr Wei.
Lihat Selengkapnya
BYD Tersandung Skandal Kerja Paksa di Brasil, Kontrak Ilegal, Sita Paspor Pekerja09 Jun 2025
BYD Tersandung Skandal Kerja Paksa di Brasil, Kontrak Ilegal, Sita Paspor Pekerja09 Jun 2025
CAMACARI, Goodcar.id – Ambisi global BYD, raksasa mobil listrik asal Tiongkok ini lagi terganjal masalah. Jaksa federal Brasil menuding perusahaan itu dan dua kontraktornya melakukan praktik perdagangan manusia dan kerja paksa dalam proyek pembangunan pabrik kendaraan listrik di negara bagian Bahia. Sebanyak 220 pekerja asal Tiongkok diselamatkan, setelah ditemukan hidup dalam kondisi yang oleh otoritas disebut “mirip perbudakan.”
Pabrik yang dibangun di kota Camacari itu sejatinya menjadi tonggak ekspansi BYD ke Amerika Latin. Tapi proyek yang dijadwalkan rampung Maret 2025 itu kini dibekukan menyusul penyelidikan Kantor Jaksa Buruh Federal (MPT).
Pekerja Tidur Tanpa Kasur, Paspor Disita
Dalam laporan resmi, yang dikutip dari laman media BBC 9 juni 2025, disebutkan MPT menuduhkan kepada BYD jika para pekerjanya tinggal di ruang tanpa kasur, dengan satu toilet dipakai hingga 31 orang. Kebersihan dan kenyamanan nyaris nihil. Jam kerja pun disebut ekstrem, tanpa hak istirahat mingguan.
Lebih parah lagi, banyak dari mereka dipaksa menandatangani kontrak ilegal, dikenai potongan gaji hingga 70%, dan dikenakan biaya tinggi bila ingin mengakhiri kontrak. Dalam praktik ini, mereka terjebak dalam sistem debt bondage, atau ikatan utang yang membuat mereka tak bisa pergi.
Paspor para pekerja juga disita. Semua elemen ini, menurut hukum Brasil, masuk dalam kategori “kondisi kerja seperti perbudakan”.
Jaksa Tuntut Rp700 Miliar
Merespons temuan ini, jaksa menuntut ganti rugi sebesar 257 juta real Brasil atau setara Rp700 miliar dari BYD dan dua mitra kontraktornya. Gugatan diajukan sebagai kompensasi atas pelanggaran berat terhadap hukum ketenagakerjaan dan hak asasi manusia.
“Kasus ini bukan sekadar pelanggaran administratif. Ini menyangkut martabat manusia,” ujar perwakilan MPT dalam konferensi pers yang dikutip sejumlah media lokal.
Hingga berita ini ditulis, BYD belum memberikan pernyataan resmi atas gugatan tersebut. Namun dalam respons sebelumnya, perusahaan menyatakan memiliki kebijakan “nol toleransi terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan hukum tenaga kerja.”
Pabrik Camacari seharusnya menjadi fasilitas EV pertama BYD di luar Asia, bagian dari ekspansi besar-besaran ke Brasil—pasar luar negeri terbesar mereka. BYD sudah beroperasi di São Paulo sejak 2015, memproduksi sasis untuk bus listrik.
Kasus ini menyentil realitas industri mobil listrik global, transisi ke energi bersih tidak selalu sejalan dengan etika produksi.
Sementara BYD terus mencetak rekor, bahkan menyalip Tesla dalam penjualan EV di Eropa (data Jato Dynamics, April 2025), pilar keberlanjutan mereka goyah di tingkat paling mendasar, yaitu perlakuan terhadap tenaga kerja.
Sebagi informasi tambahan, Goodcar.id bakal rilis layanan inspeksi mobil @goodspector buat bantu kamu cek kondisi mobil sebelum beli atau dipakai harian.
Pantau terus infonya biar gak ketinggalan layanan praktis dan terpercaya ini!
Lihat Selengkapnya
Daftar Harga Diskon Tol Trans Jawa Terbaru, Berakhir Juli 202509 Jun 2025
Daftar Harga Diskon Tol Trans Jawa Terbaru, Berakhir Juli 202509 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Jelang musim libur Iduladha dan liburan sekolah pertengahan 2025, Jasa Marga Transjawa Tollroad (JTT) memberikan program diskon tol yang berlaku di beberapa ruas strategis. Potongan tarif ini diberikan untuk mendorong kelancaran arus lalu lintas dan sekaligus meringankan beban pengeluaran pengguna jalan tol.
Diskon tarif tol tahun ini berlaku selama 10 hari, dibagi dalam tiga periode, yaitu:
6–9 Juni 2025 (periode Iduladha)
27–29 Juni 2025 (awal libur sekolah)
11–13 Juli 2025 (akhir libur sekolah)
Diskon tol ini berlaku khusus untuk perjalanan menerus, artinya pengguna harus masuk dan keluar di gerbang tol yang telah ditentukan. Selain itu, hanya pengguna uang elektronik (e-toll) dengan saldo cukup yang bisa menikmati potongan tarif ini.
Berikut daftar lengkap harga diskon tol Trans Jawa yang bisa jadi panduan perjalanan hemat Anda:
Tarif Diskon Tol Jakarta–Semarang (GT Cikampek Utama ke GT Kalikangkung)
Periode 6–7 & 27–29 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp413.500
Setelah diskon: Rp330.800
Hemat: Rp82.700
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp639.000
Setelah diskon: Rp511.200
Hemat: Rp127.800
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp841.000
Setelah diskon: Rp672.800
Hemat: Rp168.200
Periode 8–9 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp413.500
Setelah diskon: Rp350.300
Hemat: Rp63.200
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp639.000
Setelah diskon: Rp540.500
Hemat: Rp98.500
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp841.000
Setelah diskon: Rp711.900
Hemat: Rp129.100
Tarif Diskon Tol Semarang–Jakarta (GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama)
Periode 6–7 & 27–29 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp434.500
Setelah diskon: Rp367.100
Hemat: Rp67.400
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp671.000
Setelah diskon: Rp566.100
Hemat: Rp104.900
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp883.500
Setelah diskon: Rp745.900
Hemat: Rp137.600
Periode 8–9 Juni 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp434.500
Setelah diskon: Rp347.600
Hemat: Rp86.900
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp671.000
Setelah diskon: Rp536.800
Hemat: Rp134.200
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp883.500
Setelah diskon: Rp706.800
Hemat: Rp176.700
Tarif Diskon Tol Surabaya–Malang (GT Kejapanan Utama ke GT Singosari)
Program diskon juga berlaku untuk perjalanan timur Jawa, khususnya di jalur Surabaya–Malang yang padat saat libur sekolah dan hari raya.
Periode 6–9 Juni, 27–29 Juni, & 11–13 Juli 2025:
Golongan I
Sebelum diskon: Rp52.500
Setelah diskon: Rp42.000
Hemat: Rp10.500
Golongan II–III
Sebelum diskon: Rp80.000
Setelah diskon: Rp64.000
Hemat: Rp16.000
Golongan IV–V
Sebelum diskon: Rp105.500
Setelah diskon: Rp84.400
Hemat: Rp21.100
Diskon tol tidak berlaku untuk pengguna yang tidak melakukan perjalanan langsung antar gerbang yang disebutkan di atas. Artinya, jika pengguna keluar lebih awal atau masuk dari titik yang berbeda, tarif diskon tidak akan dikenakan. Selain itu, transaksi harus dilakukan menggunakan uang elektronik, dan saldo harus mencukupi.
Tujuan Program Diskon: Ringankan Beban, Dorong Mobilitas
Menurut Ria Marlinda, VP Corporate Secretary & Legal JTT, diskon tol ini adalah bentuk dukungan Jasa Marga terhadap kebijakan pemerintah.
"Ini adalah stimulus untuk meringankan beban pengguna jalan tol sekaligus mendorong mobilitas masyarakat dan ekonomi nasional," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (6/6/2025).
Dengan diberlakukannya program ini, masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal, mengecek saldo e-toll, dan memanfaatkan momen diskon untuk perjalanan hemat dan lancar di tengah libur panjang nasional.
Ingin hemat ratusan ribu di jalan tol? Cek kembali rute, tanggal, dan pastikan saldo e-toll cukup agar diskon tol Trans Jawa ini bisa langsung kamu nikmati.
Lihat Selengkapnya
22 Arti Mimpi Naik Motor Menurut Primbon Jawa, Penuh Pertanda, Jangan Diabaikan!08 Jun 2025
22 Arti Mimpi Naik Motor Menurut Primbon Jawa, Penuh Pertanda, Jangan Diabaikan!08 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Pernah nggak sih kamu mimpi naik motor? Entah itu ngebut di jalan sepi, mogok di tanjakan, atau diboncengin seseorang, semuanya terasa acak, tapi bikin penasaran.
Apalagi buat kamu yang percaya pada tafsir mimpi, menurut kepercayaan Jawa, setiap mimpi punya makna simbolis yang berkaitan dengan kehidupan nyata.
Dalam Primbon Jawa, kendaraan, terutama motor diartikan sebagai lambang arah hidup, keinginan, hingga dinamika emosional seseorang.
Jadi, mimpi naik motor bukan cuma bunga tidur. Bisa jadi, itu kode alam semesta yang ingin disampaikan kepada kamu.
Nah, biar kamu nggak cuma menerka-nerka, berikut 22 tafsir mimpi naik motor menurut Primbon Jawa, lengkap dengan konteks spiritual dan tips praktisnya.
Simbol Orang & Relasi
1. Mimpi Naik Motor Sendiri
Simbol kemandirian dan pengakuan sosial. Dalam Primbon, ini pertanda kamu sedang berada di jalur sukses, baik dalam karier maupun hubungan.
Tips: Pertahankan sikap percaya diri, tapi jangan lupakan sikap rendah hati.
2. Mimpi Naik Motor Boncengan dengan Ibu atau Suami
Mewakili dukungan keluarga dan keharmonisan rumah tangga.
Tips: Manfaatkan momen ini untuk mempererat komunikasi dan kebersamaan di rumah.
3. Mimpi Naik Motor Boncengan dengan Teman
Artinya ada hubungan sosial yang kuat. Tapi Primbon mengingatkan untuk tidak bergantung sepenuhnya pada orang lain.
Tips: Jaga hubungan, tetap mandiri.
4. Mimpi Naik Motor Boncengan dengan Mantan
Pertanda kamu masih menyimpan kenangan atau emosi yang belum selesai.
Tips: Saatnya refleksi dan mungkin sudah waktunya berdamai dengan masa lalu.
Simbol Kendaraan & Warna
5. Mimpi Naik Motor Baru
Pertanda positif: awal baru dalam hidup atau pencapaian baru.
Tips: Gunakan momentum ini untuk mulai proyek atau usaha baru.
6. Mimpi Naik Motor Tua
Simbol nostalgia dan pengalaman masa lalu. Tapi bisa juga pertanda stagnasi.
Tips: Evaluasi apakah kamu terlalu terpaku pada masa lalu.
7. Mimpi Naik Motor Merah
Merah = energi, semangat, dan rezeki. Tafsirnya biasanya mengarah ke keberuntungan finansial.
Tips: Tetap realistis dan kelola peluang dengan bijak.
8. Mimpi Naik Motor Vespa
Pertanda keberhasilan dari usaha jangka panjang dan keuletan.
Tips: Konsistensi adalah kunci. Jangan cepat menyerah.
Kondisi Jalan & Kecepatan
9. Mimpi Naik Motor di Jalan Rusak
Simbol dari rintangan hidup. Tapi jika kamu berhasil melewatinya, itu tanda kekuatan mental.
Tips: Terus bergerak, jangan takut tantangan.
10. Mimpi Naik Motor di Jalan Lurus
Pertanda kamu sedang berada di jalan yang tepat.
Tips: Jaga disiplin dan hindari distraksi.
11. Mimpi Naik Motor di Jalan Menanjak
Menandakan akan datang tantangan besar, baik secara mental atau karier.
Tips: Persiapkan mental dan strategi matang.
12. Mimpi Naik Motor di Jalan Turun
Berarti kamu sedang menuju zona nyaman. Tapi bisa juga tanda kamu mulai lengah.
Tips: Tetap waspada dan jaga kendali.
13. Mimpi Naik Motor Ngebut
Simbol ambisi besar dan hasrat mengejar sesuatu.
Tips: Buat rencana dan evaluasi risiko agar tak gegabah.
Masalah Teknis & Kecelakaan
14. Mimpi Motor Mogok
Pertanda adanya hambatan, baik itu masalah kesehatan, pekerjaan, atau relasi.
Tips: Evaluasi kondisi hidup kamu secara menyeluruh.
15. Mimpi Naik Motor Rusak Parah
Bisa jadi pertanda kamu akan mengalami gangguan, tapi juga perlindungan dari bahaya.
Tips: Jangan panik, tetap tenang dan introspeksi.
16. Mimpi Naik Motor Kecelakaan atau Rem Blong
Tanda kehilangan kontrol atas hidup atau keputusan besar yang ceroboh.
Tips: Hindari jalan pintas. Fokus pada proses.
17. Mimpi Naik Motor lalu ditabrak Mobil
Meskipun terdengar buruk, tafsirnya justru mengarah ke datangnya keberuntungan besar.
Tips: Siapkan mental dan fisik untuk peluang yang tidak disangka-sangka.
Kehilangan & Ketergantungan
18. Motor Hilang
Menandakan kehilangan arah hidup atau potensi perubahan besar.
Tips: Lakukan refleksi. Jika dalam mimpi motor ditemukan kembali, itu simbol pemulihan.
19. Mimpi Naik Motor Dibonceng Orang Lain
Simbol ketergantungan pada pihak luar atau sedang dikendalikan orang lain.
Tips: Kembali ambil kendali atas keputusan hidupmu.
Emosi & Spiritualitas
20. Mimpi Naik Motor Malam Hari
Menandakan ketidakpastian dalam hidup atau perasaan bingung.
Tips: Cari dukungan dari orang terdekat atau profesional.
21. Mimpi Naik Motor bersama Ibu/Suami (Konteks Spiritual)
Menunjukkan perlindungan spiritual dan cinta tanpa syarat.
Tips: Ungkapkan rasa syukur dan apresiasi pada orang terdekat.
22. Mimpi Servis atau Merawat Motor
Simbol self-care dan kesiapan untuk fase baru dalam hidup.
Tips: Jaga fisik dan mental. Jangan abaikan kesehatan.
Meski tidak wajib dipercaya 100%, tafsir mimpi bisa dijadikan alat introspeksi agar kita lebih sadar akan perjalanan hidup yang sedang dijalani.
Ingat, motor dalam mimpi bukan cuma kendaraan, dia adalah cerminan arah, niat, dan kontrol diri. Yuk, bijak menafsirkan dan tetap waspada di jalan kehidupan!
Lihat Selengkapnya
Vespa 946 Snake Edisi Terbatas Resmi Hadir di Indonesia, Cuma 888 Unit di Dunia03 Jun 2025
Vespa 946 Snake Edisi Terbatas Resmi Hadir di Indonesia, Cuma 888 Unit di Dunia03 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Vespa kembali mencuri perhatian publik otomotif Tanah Air dengan menghadirkan Vespa 946 Snake, skuter premium yang diproduksi secara terbatas untuk merayakan Tahun Ular dalam kalender lunar.
Vespa 946 Snake tidak sekadar kendaraan, melainkan karya desain yang sarat simbolisme dan nilai artistik.
Kehadiran Vespa 946 Snake di Indonesia menjadi bagian dari strategi global Piaggio dalam memperkuat lini eksklusif Vespa melalui koleksi tahunan bertema astrologi Tionghoa.
Tahun ini, giliran sosok ular yang dijadikan inspirasi, menggambarkan kecerdikan dan keberanian, yang dituangkan secara eksplisit dalam desain Vespa 946 Snake.
Dibalut warna biru metalik yang terinspirasi dari tema “Empty Space”, Vespa 946 Snake tampil memukau dan seolah keluar dari lanskap musim dingin yang tenang dan penuh misteri.
Elemen ular tak hanya hadir sebagai motif visual, tetapi juga sebagai ornamen nyata—menghiasi spakbor dan panel bodi Vespa 946 Snake dalam bentuk krom reflektif.
Salah satu daya tarik utama Vespa 946 Snake terletak pada eksklusivitasnya. Skuter ini hanya diproduksi sebanyak 888 unit secara global, menjadikannya koleksi langka bagi pecinta Vespa.
Arti Angka 888 pada Jumlah Vespa 946 Snake
Angka 888 sendiri dipilih bukan tanpa alasan. Dalam budaya Tionghoa, angka ini melambangkan keberuntungan dan kekayaan, yang sejalan dengan semangat Vespa 946 Snake sebagai simbol kemewahan.
Interior Vespa 946 Snake pun dirancang penuh perhatian. Jok dibalut kulit bertekstur menyerupai sisik ular, menciptakan kesan premium yang tidak biasa.
Bagian grip stang juga dilapisi motif serupa, menjadikan Vespa 946 Snake tampil dengan sentuhan taktil yang unik sekaligus elegan.
Sebagai pelengkap gaya hidup, Piaggio juga merilis Vespa Snake Capsule Collection, lini fesyen terbatas yang diluncurkan bersamaan dengan Vespa 946 Snake.
Koleksi ini meliputi jaket bomber dan mantel puffer panjang bertema ular musim dingin. Sama seperti skuter utamanya, koleksi ini mencerminkan estetika Vespa 946 Snake yang minimalis namun penuh pernyataan.
Selain apparel, Vespa 946 Snake juga hadir dengan helm eksklusif sebagai bagian dari paket pembelian. Helm ini dirancang dengan desain visor gelap dan ornamen ular 3D yang menggemakan identitas visual Vespa 946 Snake.
Material bagian dalamnya dapat dilepas untuk perawatan yang lebih mudah, tanpa mengorbankan estetika.
Vespa 946 Snake sebelumnya telah diperkenalkan kepada publik Indonesia lewat pop-up event di Pacific Place Jakarta awal tahun ini.
Respons yang muncul cukup positif, mengingat skuter ini menawarkan lebih dari sekadar transportasi—Vespa 946 Snake merepresentasikan gaya hidup dan identitas pemiliknya.
Kini, Vespa 946 Snake sudah bisa dipesan melalui jaringan resmi dealer Motoplex Indonesia. Namun karena unit sangat terbatas, konsumen disarankan untuk melakukan pemesanan lebih awal.
Informasi mengenai alokasi unit Vespa 946 Snake untuk pasar Indonesia belum diumumkan secara resmi, tetapi dipastikan hanya sebagian kecil dari total global.
Harga Vespa 946 Snake
Harga resmi Vespa 946 Snake belum diumumkan oleh Piaggio Indonesia, namun merujuk pada model Vespa 946 edisi sebelumnya, banderol diperkirakan berada di kisaran Rp 250–300 juta (OTR Jakarta).
Angka tersebut mencerminkan kombinasi antara status langka, kemewahan material, dan desain artistik yang menjadi ciri khas Vespa 946 Snake.
Lebih dari itu, Vespa 946 Snake menawarkan nilai emosional yang sulit ditakar dengan angka. Ia bukan sekadar kendaraan bermotor, melainkan objek budaya yang memadukan teknologi Italia dengan filosofi Timur.
Dalam lanskap kendaraan roda dua modern, Vespa 946 Snake adalah anomali yang menyenangkan—ia melambat untuk menyampaikan pesan gaya dan makna.
Dengan segala keunikannya, Vespa 946 Snake bukan hanya hadir sebagai pilihan mobilitas urban, tetapi juga sebagai bentuk pernyataan diri. Bagi mereka yang tak hanya mencari transportasi, tetapi juga karakter, Vespa 946 Snake adalah jawabannya.
Lihat Selengkapnya
Indomobil Emotor Adora Raih Penghargaan Motor Terbaik 202529 May 2025
Indomobil Emotor Adora Raih Penghargaan Motor Terbaik 202529 May 2025
Jakarta, Goodcar.id - Skuter listrik andalannya Indomobil, Adora, meraih penghargaan Best Medium Electric Skutik dalam ajang bergengsi Otomotif Award 2025 yang diselenggarakan oleh Tabloid OTOMOTIF.
Prestasi ini semakin memperkuat posisi Adora sebagai salah satu pilihan utama di segmen sepeda motor listrik kelas menengah di Indonesia. Sebelumnya, Adora juga telah memboyong dua penghargaan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, yakni " Favorite Newcomer EV Motorcycle Brand dan Most Innovative EV Scooter".
Penghargaan Otomotif Award 2025 diberikan berdasarkan proses evaluasi ketat yang dilakukan secara independen oleh tim test driver, test rider, dan editor Tabloid OTOMOTIF. Penilaian mencakup berbagai aspek performa, efisiensi, kenyamanan, fitur, desain, serta value for money. Total sebanyak 57 penghargaan diberikan untuk kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2), yang telah diuji dalam periode 1 Maret 2024 hingga 31 Maret 2025. Dari total tersebut, 22 kategori dikhususkan untuk sepeda motor.
CEO PT Indomobil Emotor Internasional Pius Wirawan mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas penghargaan tersebut.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim OTOMOTIF, grup Kompas Gramedia, dan seluruh rekan di Grid Network atas penghargaan yang diberikan. Ini merupakan bentuk kepercayaan yang sangat berarti, terutama karena OTOMOTIF telah berkiprah selama lebih dari tiga dekade sebagai referensi utama industri otomotif di Indonesia,” ujar Pius dalam seremoni penghargaan di Black Owl Cafe, Kelapa Gading, Jakarta.
Pius menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi momen penting bagi Indomobil Emotor sebagai pemain baru di industri kendaraan listrik roda dua. Peluncuran Adora pada Februari 2025 merupakan tonggak awal dari komitmen Indomobil untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan yang handal dan terjangkau.
"Dengan hadirnya Adora, kami ingin menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan listrik yang tidak hanya stylish dan modern, tapi juga memiliki performa andal dan infrastruktur layanan purnajual yang kuat. Kami bangga karena Adora memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 46,25 persen, yang mencerminkan dukungan kami terhadap industri lokal,” lanjut Pius.
Sebagai bentuk komitmen jangka panjang, Indomobil Emotor akan terus memperluas portofolio produknya. Dalam waktu dekat, perusahaan berencana meluncurkan dua varian baru yang akan melengkapi jajaran produk Adora dan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen. Langkah ini sejalan dengan visi Indomobil Emotor untuk menjadi pelopor dalam menyediakan kendaraan listrik berkualitas tinggi dengan jangkauan layanan yang luas.
Perusahaan juga akan terus memperkuat jaringan penjualan dan layanan purnajual di berbagai wilayah di Indonesia, guna memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna motor listrik. Dengan dukungan teknologi, kualitas produk, serta jaringan distribusi yang kokoh, Indomobil Emotor optimis dapat menjadi salah satu pemain utama dalam percepatan transisi kendaraan listrik nasional.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan Indomobil Emotor, kunjungi situs resmi di www.indomobilemotor.co.id atau ikuti akun Instagram resmi di @adora_emotor.
Lihat Selengkapnya
Motor Listrik Honda Kini Bisa Dimodif! Tiga Juara HMC Pamer Karya Perdana27 May 2025
Motor Listrik Honda Kini Bisa Dimodif! Tiga Juara HMC Pamer Karya Perdana27 May 2025
Jakarta, Goodcar.id – Motor listrik tidak hanya irit yang bisa dibanggain, tapi juga bisa jadi kanvas modifikasi yang keren. Hal ini dibuktikan lewat kolaborasi tiga juara nasional Honda Modif Contest (HMC) 2023 dalam ajang Honda Dream Ride Project (HDRP) 2024, yang menghadirkan karya modifikasi perdana untuk motor listrik Honda, yakni CUV e: dan ICON e:.
Tiga builder muda yang terlibat adalah Malik Abdul Azis, juara National FFA HMC 2023, Lutvia Facishin, juara National Champion Sport HMC, dan Aditya Chandra, juara National Champion Matic & Cub HMC. Mereka ditantang langsung oleh AHM untuk merombak dua motor listrik terbaru Honda menjadi karya custom yang tetap fungsional dan estetik.
Lutvia memoles Honda CUV e: bergaya Urban Sport, dengan tampilan jalanan yang sporty plus sentuhan futuristik. Sementara Aditya bikin versi Low Ride dari CUV e:—suspensi lebih rendah, ban lebih besar, tapi tetap mempertahankan vibe modern.
Paling beda sendiri, Malik mengubah Honda ICON e: menjadi motor Dual Purpose. Swing arm diubah, shockbreaker ditinggikan, dan ban semi off-road dipasang. Tapi tetap menjaga desain compact khas ICON e:.
Proyek HDRP ini bukan sekadar ajang pamer skill, tapi juga wadah belajar. Para peserta dimentori oleh nama-nama besar dunia custom: Immanuel Prakoso (Treasure Garage), Indra Pratama (Thrive MC), dan Franky Mory (Yasashii Garage), plus dukungan teknis dari tim AHM.
Mereka nggak cuma diajarin soal tampilan, tapi juga teknis seperti desain, pemilihan material, safety riding, manajemen biaya, sampai proses uji jalan buat memastikan hasil modif tetap aman dan nyaman dikendarai.
“Honda Dream Ride Project tahun ini jadi tonggak baru karena pertama kalinya pakai motor listrik. Harapannya, bisa jadi inspirasi bagi pecinta modifikasi,” kata Andy Wijaya, GM Marketing Planning and Analysis AHM.
Honda ICON e: punya motor listrik 1,8 kW yang sanggup melaju sampai 55 km/jam. Baterainya bisa menempuh jarak hingga 53 km per charge, lengkap dengan mode “ECON” dan “STD”, plus fitur-fitur kekinian seperti USB charger, panel full digital, dan lampu full LED.
Sementara CUV e: lebih garang dengan tenaga 6 kW dan top speed 83 km/jam. Jarak tempuh maksimalnya 80,7 km berkat dua Honda Mobile Power Pack e: yang bisa di-swap atau diisi daya ulang. Butuh 6 jam buat full charge, atau sekitar 2,7 jam dari 25% ke 75%.
Modifikasi Ramah Lingkungan Makin Dilirik
HDRP 2024 jadi bukti kalau modifikasi nggak harus selalu pakai motor mesin bensin. Dengan konsep ramah lingkungan, motor listrik Honda tetap bisa tampil gahar dan stylish. Ini juga jadi peluang baru buat industri kreatif otomotif di era elektrifikasi.
“Saya senang bisa menuangkan mimpi saya ke motor listrik. Semoga bisa jadi motivasi buat modifikator muda lain,” ujar Aditya, salah satu peserta HDRP.
Dengan potensi besar dan dukungan dari Honda, tren modifikasi motor listrik di Indonesia tinggal tunggu waktu buat makin berkembang. Siap modif motor listrik kamu?
Lihat Selengkapnya
7 Tips Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM, Cocok Buat Harian08 Jun 2025
7 Tips Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM, Cocok Buat Harian08 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Motor matic jadi pilihan utama masyarakat urban. Praktis, ringan, dan gesit di kemacetan. Tapi, makin banyak pengguna yang mengeluh, kok motor matic makin boros, ya? Padahal, dengan cara yang tepat, motor matic lebih irit BBM dan tetap nyaman dipakai harian.
Konsumsi bensin yang tinggi bukan selalu soal mesin atau merek. Sering kali, perilaku berkendara dan perawatan jadi penentu utama.
Berikut 7 tips agar motor matic lebih irit BBM, berdasarkan panduan pabrikan dan pengalaman ahli..
1. Jaga Tarikan Gas Tetap Halus
Menarik gas secara spontan jadi kebiasaan yang bikin bensin cepat habis. Mesin dipaksa kerja keras secara mendadak, padahal dengan tarik gas perlahan, motor matic lebih irit BBM karena putaran mesin bisa dijaga tetap stabil.
Yamaha menyarankan gaya berkendara yang halus, apalagi saat stop-and-go. CVT akan bekerja lebih optimal saat tarikan konsisten, dan ini membuat motor matic lebih irit BBM di kondisi lalu lintas padat.
2. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Spesifikasi Mesin
Pakai BBM yang tidak sesuai rasio kompresi bikin pembakaran tidak sempurna. Jika motor matic seperti Vario 160 atau Aerox dipaksa minum Pertalite, hasilnya lebih boros. Sebaliknya, motor matic lebih irit BBM bila pakai bensin RON 92 sesuai rekomendasi pabrikan.
Astra Honda Motor menegaskan, pemakaian BBM yang pas dengan spesifikasi mesin bukan cuma soal performa, tapi juga efisiensi. Pilih BBM yang tepat, dan otomatis motor matic lebih irit BBM dalam jangka panjang.
3. Cek Tekanan Ban Secara Berkala
Ban yang kempis bikin motor butuh tenaga lebih untuk bergerak. Ini bikin mesin bekerja lebih berat, sehingga motor matic lebih irit BBM jika tekanan angin dijaga ideal. Misal pada Yamaha NMAX, ukuran angin ban standar pabrikan adalah 22 Psi untuk ban depan sedangkan dengan ukuran 36 Psi untuk ban belakang.
Rutin cek tekanan ban depan dan belakang, terutama kalau sering boncengan atau bawa barang. Dengan ban optimal, laju motor jadi ringan dan motor matic lebih irit BBM tanpa perlu ubah gaya berkendara.
4. Rutin Ganti Oli dan Servis Berkala
Oli yang kotor bikin gesekan mesin meningkat. Ini bikin tarikan berat dan bensin makin cepat habis. Ganti oli tiap 2.000–2.500 km jadi salah satu cara agar motor matic lebih irit BBM, tanpa perlu upgrade komponen.
Selain itu, servis CVT setiap 8.000–10.000 km membantu menjaga transmisi tetap halus. Perawatan ringan tapi rutin ini bikin motor matic lebih irit BBM, terutama buat yang dipakai tiap hari.
5. Matikan Mesin Saat Berhenti Lama
Kalau berhenti lebih dari 1 menit, matikan mesin. Mesin yang idle tetap membakar bensin walau motor tidak bergerak. Dengan mematikan mesin, motor matic lebih irit BBM, apalagi buat yang sering terjebak lampu merah.
Motor modern seperti BeAT atau Scoopy sudah dibekali fitur Idling Stop System (ISS). Bila motor Anda belum punya fitur ini, cukup biasakan matikan mesin manual agar motor matic lebih irit BBM di kondisi macet.
6. Gunakan Aksesori Seperlunya
Menambah box, windshield besar, atau aksesoris lainnya memang keren, tapi bisa bikin motor lebih berat dan melawan angin. Tanpa disadari, konsumsi bensin meningkat. Maka dari itu, motor matic lebih irit BBM jika tampil simpel dan ringan.
Kecuali memang untuk touring, gunakan aksesori seperlunya saja. Berat tambahan bisa mengganggu aerodinamika dan bikin tarikan berat. Untuk mobilitas harian, minim aksesori akan membuat motor matic lebih irit BBM dan tetap lincah.
7. Pilih Jalur yang Efisien dan Minim Macet
Rute perjalanan juga memengaruhi konsumsi BBM. Macet, tanjakan, dan lampu merah berderet bikin stop-start berlebihan. Bila bisa menghindarinya, motor matic lebih irit BBM meski jarak tempuhnya lebih jauh sedikit.
Gunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute terbaik. Jalan yang lancar dengan kecepatan stabil akan membuat motor matic lebih irit BBM, dan perjalanan pun terasa lebih cepat.
Oya sebagai informasi, Goodcar.id bakal rilis layanan inspeksi mobil @goodspector. Layanan ini cocok buat bantu kamu cek kondisi mobil sebelum beli atau jual.
Pantau terus infonya biar gak ketinggalan layanan praktis dan terpercaya ini!
Lihat Selengkapnya
7 Cara Hemat BBM Mobil agar Tidak Boros, Penting untuk Pengemudi Baru01 Jun 2025
7 Cara Hemat BBM Mobil agar Tidak Boros, Penting untuk Pengemudi Baru01 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id – Harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus naik jadi momok bagi pemilik kendaraan roda empat. Meski teknologi mesin mobil makin canggih dan irit, kenyataannya banyak pemilik mobil masih mengeluhkan konsumsi BBM yang boros—apalagi untuk mobil harian yang digunakan di dalam kota dengan lalu lintas padat.
Padahal, tanpa harus ganti mobil, ada banyak cara efektif untuk menekan konsumsi bahan bakar. Semua kembali ke kebiasaan pengemudi dan kondisi kendaraan. Berikut ini adalah 7 cara paling efektif untuk menghemat BBM mobil, berdasarkan kebiasaan sehari-hari dan rekomendasi teknis yang masuk akal.
1. Periksa Tekanan Angin Ban Secara Rutin
Ban dengan tekanan rendah membuat hambatan gulir bertambah besar. Akibatnya, mesin harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan kecepatan yang sama—dan itu artinya lebih banyak bensin yang dibakar.
Solusi:
Cek tekanan ban setidaknya seminggu sekali, dan pastikan sesuai dengan standar pabrikan (biasanya tertera di pilar pintu pengemudi). Gunakan tire gauge digital untuk hasil yang akurat.
2. Gunakan BBM Sesuai Rasio Kompresi Mesin
Masih banyak pemilik mobil yang asal pilih jenis bensin, tanpa melihat rasio kompresi mesin. Padahal BBM beroktan rendah di mesin berkompresi tinggi bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna, tenaga berkurang, dan konsumsi BBM meningkat.
Solusi:
Cek buku manual kendaraan. Gunakan bensin beroktan minimal RON 92 untuk mesin modern, atau sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Lebih mahal sedikit di awal, tapi lebih irit dalam jangka panjang.
3. Hindari Akselerasi dan Rem Mendadak
Gaya berkendara agresif jadi penyebab utama mobil boros. Akselerasi cepat dan rem mendadak bikin ECU terus-menerus menyesuaikan suplai bahan bakar secara tidak efisien.
Solusi:
Kendarai mobil secara halus. Jaga kecepatan konstan dan manfaatkan engine brake saat ingin mengurangi kecepatan. Selain hemat BBM, komponen rem dan transmisi juga lebih awet.
4. Kurangi Beban Mobil yang Tidak Perlu
Semakin berat mobil, semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk melaju. Dan ini langsung berdampak ke konsumsi BBM. Banyak orang menyimpan barang-barang berat di bagasi tanpa sadar, mulai dari alat olahraga, peralatan kerja, hingga air galon.
Solusi:
Kosongkan bagasi dari barang tidak penting. Lepas rak atap atau roof box jika tidak digunakan, karena menambah hambatan udara dan bikin mesin lebih boros.
5. Servis Berkala dan Ganti Oli Tepat Waktu
Mesin yang tidak prima akan boros, walaupun mobil tergolong baru. Salah satu pemicunya adalah oli yang sudah kotor atau tidak sesuai spesifikasi. Filter udara yang mampet juga bisa bikin campuran udara dan bensin tidak optimal.
Solusi:
Lakukan servis berkala sesuai jadwal di buku servis. Ganti oli dan filter oli tepat waktu. Gunakan oli yang viskositas dan sertifikasinya sesuai rekomendasi pabrikan untuk performa dan efisiensi terbaik.
6. Matikan Mesin Saat Berhenti Lama
Kondisi idle (mesin nyala tapi mobil diam) tetap mengonsumsi BBM. Kalau kamu sering menunggu penumpang atau parkir dengan AC menyala, konsumsi bensin bisa bertambah secara signifikan.
Solusi:
Jika berhenti lebih dari 1 menit dan tidak butuh AC, matikan mesin. Untuk mobil dengan fitur auto start-stop, aktifkan sistem ini agar bekerja otomatis di lampu merah atau kemacetan.
7. Pilih Rute dan Waktu Perjalanan yang Lebih Efisien
Macet bikin bensin cepat habis, itu fakta. Mesin terus bekerja, tapi mobil tidak bergerak. Kondisi ini juga bikin suhu mesin cepat naik, sistem pendingin bekerja ekstra, dan tentu saja—konsumsi BBM melonjak.
Solusi:
Gunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk mencari rute tercepat dan terhindar dari kemacetan. Hindari jam-jam sibuk jika memungkinkan. Rute sedikit lebih jauh tapi lancar bisa jauh lebih hemat dibanding rute dekat tapi macet.
Kesimpulan: Irit BBM Itu Soal Kebiasaan
Menghemat BBM tidak hanya soal teknologi mesin atau jenis bensin yang digunakan. Lebih dari itu, kebiasaan pengemudi dan perawatan kendaraan berperan besar dalam efisiensi konsumsi bahan bakar.
Dengan menerapkan tujuh tips di atas, kamu bisa merasakan penghematan nyata tanpa harus keluar uang untuk modifikasi atau ganti mobil. Bukan cuma hemat kantong, tapi juga lebih ramah lingkungan.
Lihat Selengkapnya
Motor Brebet Saat Jalan? Ini 7 Penyebab Umum dan Cara Mengatasinya01 Jun 2025
Motor Brebet Saat Jalan? Ini 7 Penyebab Umum dan Cara Mengatasinya01 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id - Banyak pemotor pernah mengalami kondisi saat motor tiba-tiba terasa “brebet” alias tersendat-sendat ketika digas. Kadang gejalanya muncul saat mesin dingin, kadang saat kecepatan tinggi, bahkan bisa juga saat sedang macet. Masalah ini kerap bikin panik, terutama saat motor dipakai harian.
Fenomena motor brebet bisa disebabkan banyak faktor, dari masalah sepele seperti busi kotor hingga persoalan lebih serius di sistem bahan bakar atau injeksi. Jika dibiarkan, gejala ini bisa mengganggu performa, meningkatkan konsumsi BBM, dan bahkan bikin mogok mendadak.
Berikut ini 7 penyebab umum motor brebet dan bagaimana cara mengatasinya, berdasarkan penuturan beberapa mekanik bengkel resmi dan umum di Jakarta.
1. Busi Kotor atau Rusak
Busi berfungsi memercikkan api ke ruang bakar. Kalau elektroda busi sudah kotor, aus, atau celahnya tidak sesuai, pembakaran jadi tidak sempurna. Akibatnya, motor terasa brebet saat digas.
Gejala umum:
Motor tersendat saat akselerasi.
Sulit hidup saat pagi hari atau mesin dingin.
Solusi:
Cek kondisi busi, bersihkan jika masih layak atau ganti jika elektroda sudah menipis. Pastikan juga spesifikasi busi sesuai dengan standar pabrikan motor.
2. Filter Udara Tersumbat
Saringan udara yang terlalu kotor bisa menghambat aliran udara ke ruang bakar. Campuran udara dan bahan bakar jadi tidak seimbang, sehingga motor terasa brebet.
Gejala umum:
Tarikan berat.
Mesin cepat panas dan boros BBM.
Solusi:
Bersihkan filter udara secara rutin. Jika menggunakan filter kertas, ganti setiap 8.000–12.000 km atau sesuai rekomendasi buku servis.
3. Karburator Kotor (Khusus Motor Karbu)
Untuk motor lawas yang masih pakai karburator, saluran bahan bakar yang kotor atau tersumbat akan membuat suplai bensin ke ruang bakar terganggu.
Gejala umum:
Mesin ngempos saat digas.
Idle mesin tidak stabil.
Solusi:
Lakukan pembersihan karburator menggunakan cairan khusus atau ke bengkel untuk dibongkar dan disetel ulang.
4. Injektor Tersumbat (Khusus Motor Injeksi)
Di motor injeksi, injektor menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Kalau ujung injektor tersumbat kotoran atau kerak, suplai bensin jadi tidak optimal.
Gejala umum:
Brebet saat RPM tinggi.
Emisi knalpot bau bensin menyengat.
Solusi:
Lakukan pembersihan injektor di bengkel menggunakan mesin ultrasonic atau cairan khusus. Disarankan servis setiap 10.000–15.000 km.
5. BBM Tidak Sesuai Oktan
Mengisi bahan bakar dengan oktan terlalu rendah bisa menyebabkan knocking atau pembakaran tidak sempurna, terutama pada motor berkompresi tinggi.
Gejala umum:
Mesin brebet setelah isi bensin di SPBU berbeda.
Performa menurun saat akselerasi.
Solusi:
Gunakan BBM sesuai rekomendasi pabrikan. Misalnya, motor injeksi modern minimal pakai RON 90 (Pertalite ke atas), atau RON 92 untuk motor sport.
6. Sensor Injeksi Bermasalah (MAP, TPS, O2)
Motor injeksi dilengkapi berbagai sensor untuk mengatur suplai bahan bakar dan udara. Jika sensor ini rusak atau salah baca, mesin bisa brebet bahkan mati mendadak.
Gejala umum:
Check engine menyala.
Motor tidak responsif saat digas.
Solusi:
Scan ECU motor di bengkel resmi atau bengkel yang punya alat OBD khusus. Ganti sensor jika memang terbukti error.
7. Knalpot Bocor
Knalpot yang bocor, terutama di sambungan leher ke silencer, bisa menyebabkan tekanan balik (back pressure) terganggu, memicu gejala brebet saat putaran mesin tinggi.
Gejala umum:
Suara knalpot lebih keras dari biasanya.
Tarikan ngadat di RPM atas.
Solusi:
Periksa sambungan knalpot, pastikan tidak ada kebocoran atau keretakan. Tambal pakai sealant khusus atau ganti gasket.
Jangan Tunggu Mogok di Jalan
Motor brebet memang terkesan sepele, tapi bisa jadi gejala awal dari kerusakan yang lebih besar. Perawatan rutin seperti servis berkala, ganti oli tepat waktu, dan penggunaan bahan bakar sesuai spesifikasi bisa mencegah masalah ini muncul.
Jika gejala brebet terus muncul meskipun sudah ganti busi dan bersihkan filter, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk pemeriksaan lebih mendalam.
Lihat Selengkapnya
Mobil Bunyi Tek-Tek Saat Jalan? Ini 5 Penyebab Umum dan Solusinya31 May 2025
Mobil Bunyi Tek-Tek Saat Jalan? Ini 5 Penyebab Umum dan Solusinya31 May 2025
Jakarta, Goodcar.id - Banyak pengendara mobil pernah mengalami situasi yang cukup bikin panik: munculnya suara tek-tek dari bagian bawah kendaraan.
Suara ini bisa terdengar saat mobil melaju pelan, melewati jalan rusak, belok tajam, atau bahkan saat direm.
Meskipun terdengar sepele, suara tek-tek bisa menandakan adanya masalah serius pada sistem suspensi, rem, hingga as roda.
Menurut Marno, mekanik mobil di bilangan Tebet, menyebut suara tek-tek sering kali menjadi tanda awal keausan komponen atau adanya baut yang longgar. “Kalau dibiarin justru bahasa, apalagi sampi rusak di tengah jalan,” katanya, kepada Goodcar.id.
Berikut ini lima penyebab umum mobil bunyi tek-tek dan solusinya, agar pengendara bisa lebih waspada dan tahu kapan harus segera ke bengkel.
1. CV Joint Rusak atau Aus
Salah satu penyebab paling sering dari suara tek-tek pada mobil - terutama penggerak roda depan—adalah kerusakan pada CV joint (constant velocity joint). Komponen ini berfungsi untuk meneruskan putaran dari transmisi ke roda dengan sudut yang berubah-ubah saat mobil berbelok.
Gejala umum:
Bunyi tek-tek muncul saat mobil berbelok tajam.
Getaran terasa pada roda atau setir saat akselerasi.
Solusi:
Periksa kondisi karet pelindung (boot) CV joint. Jika robek, gemuk pelumas bisa keluar dan debu masuk, menyebabkan keausan.
Bila CV joint sudah aus, disarankan untuk diganti total, bukan hanya dibersihkan.
2. Suspensi dan Kaki-Kaki Longgar
Komponen kaki-kaki seperti ball joint, stabilizer link, dan bushing arm juga bisa menjadi penyebab suara tek-tek, khususnya saat melewati jalan bergelombang atau polisi tidur.
Gejala umum:
Bunyi muncul saat roda depan bekerja naik-turun.
Mobil terasa limbung atau tidak stabil saat dikemudikan.
Solusi:
Lakukan pengecekan komprehensif pada suspensi. Bengkel kaki-kaki biasanya akan menguji komponen dengan dongkrak dan batang tuas untuk mendeteksi kelonggaran.
Ganti bagian yang aus agar tidak berdampak pada komponen lainnya.
3. Kampas Rem Longgar atau Kotor
Sistem pengereman yang bermasalah juga bisa menimbulkan suara. Kampas rem yang tidak terpasang dengan sempurna atau sudah tipis bisa menyebabkan bunyi tek-tek saat mobil melambat.
Gejala umum:
Bunyi muncul saat mobil direm pelan.
Kadang disertai suara gesekan logam atau decitan.
Solusi:
Bersihkan kaliper dan pastikan kampas rem terpasang dengan kencang.
Ganti kampas rem jika sudah menipis di bawah 3 mm.
4. Baut Pelek atau Suspensi Kendor
Baut roda yang tidak dikencangkan dengan torsi yang tepat bisa menyebabkan bunyi tek-tek saat mobil berjalan. Ini bisa terjadi setelah ban diganti atau setelah servis kaki-kaki.
Gejala umum:
Bunyi terdengar saat mobil jalan pelan.
Bisa disertai rasa goyang dari roda.
Solusi:
Cek kekencangan semua baut roda dengan kunci torsi.
Periksa juga seluruh baut suspensi dan arm.
5. Knalpot Kendor atau Bergeser
Suara tek-tek dari bagian bawah belakang mobil bisa berasal dari knalpot yang kendor atau menyentuh bodi mobil karena hanger (penyangga karet) sudah getas.
Gejala umum:
Bunyi muncul saat mesin idle atau saat lepas gas.
Sumber bunyi berasal dari tengah atau belakang mobil.
Solusi:
Periksa seluruh gantungan dan bracket knalpot.
Ganti hanger karet jika sudah retak atau mengendur.
Jangan Anggap Remeh Suara Tek-Tek
Marno juga menambahkan, bunyi tek-tek jika dibiarkan, kerusakan bisa menjalar ke bagian lain dan menimbulkan biaya perbaikan yang lebih besar. "Selain itu, beberapa kerusakan seperti CV joint yang aus bisa menyebabkan roda macet saat kendaraan berjalan," tambahnya.
Kapan harus ke bengkel?
Jika suara tek-tek bertahan lebih dari 2–3 hari.
Jika disertai gejala lain seperti getaran, handling tidak stabil, atau bunyi makin keras.
Tips Mencegah Kerusakan Komponen
Servis berkala kaki-kaki setiap 20.000–30.000 km.
Hindari melewati jalan rusak dengan kecepatan tinggi.
Periksa bagian bawah mobil saat servis rutin.
Jangan overload—muatan berlebih mempercepat keausan suspensi.
Pastikan baut roda dikencangkan dengan torsi yang sesuai.
Dengan mengetahui sumber masalah dan penanganan yang tepat, pengemudi bisa mencegah kerusakan menjadi lebih parah. Segera lakukan pemeriksaan jika mobil mulai menunjukkan gejala bunyi-bunyi aneh, dan jangan tunda untuk ke bengkel jika diperlukan.
Lihat Selengkapnya
Review Interior Suzuki Fronx, Performa dan Fitur LKA Bikin Nyetir Lebih Santai06 May 2025
Review Interior Suzuki Fronx, Performa dan Fitur LKA Bikin Nyetir Lebih Santai06 May 2025
Jakarta, Goodcar.id - Suzuki Fronx jadi salah satu SUV kompak terbaru yang mulai banyak dilirik karena desainnya yang unik dan fiturnya yang kekinian. Tapi apa benar Fronx senyaman itu dikendarai? Beberapa waktu Goodcar.id sempat mencoba di Sirkuit Bridgestone di kawasan Karawang, Jawa Barat
Setelah membedah bagian eksteriornya, yuk sekaramg kita bedah interior, fitur keselamatan, sampai detail kenyamanan berkendaranya. Masuk ke kabin Suzuki Fronx langsung terasa suasana modern dengan nuansa serba hitam. Kursinya dilapisi kombinasi kulit dan kain, dengan warna hitam yang memberi kesan elegan tapi tetap sporty.
Ruang kabin terasa lega, apalagi dengan pengaturan tempat duduk yang dirancang ergonomis. Selain itu Suzuki Fronx yang hadir di Indonesia sudah dibekali fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang mencakup Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA).
ACC berfungsi ngatur kecepatan mobil otomatis mengikuti kendaraan di depan—tinggal satu kali aktifkan, mobil bakal bisa mempercepat atau memperlambat dengan sendirinya. Pada fitur ini Goodcar.id sudah mencobanya, gak cuma bikin nyaman, tapi juga bantu ngurangin frekuensi injak rem saat perjalanan jauh. Alhasil mobil bisa jauh lebih hemat BBM.
Sedangkan LKA bantu jaga posisi mobil biar tetap di tengah jalur. Sistem ini udah disesuaikan dengan kebiasaan nyetir pengemudi Indonesia, jadi gak terasa maksa.
Saat sesi pengetesan, fitur ini sukses ngurangin kelelahan pengemudi karena kerja rem berkurang dan fokus bisa lebih rileks.
Salah satu kelebihan Suzuki Fronx lainnya adalah tingkat kenyamanannya. Sistem NVH (Noise, Vibration, Harshness) di mobil ini tergolong rapi, bikin kabin terasa sepi. Area seperti dashboard dilapisi panel peredam tambahan, suara angin dan mesin juga diblokir dengan insulasi di fender yang terbuat dari bahan urethane.
Hasilnya? Suara dari luar nyaris gak masuk ke kabin. Buat kamu yang suka perjalanan jauh, fitur ini bakal kerasa banget bedanya.
Mudah Putar Baling di Ruang Terbatas
Fronx pakai sistem Electronic Power Steering (EPS) yang ngasih efek stabil saat manuver di jalan bergelombang. Body roll-nya juga minimal, jadi nyaman meski isi penumpang penuh. Suspensi belakang cukup empuk dan minim guncangan.
Dengan radius putar hanya 4,8 meter, Fronx gampang banget diajak putar balik di ruang sempit. Ban ukuran 195/60R16 juga bantu jaga kestabilan tanpa bikin manuver terasa berat. Suzuki Fronx ngasih dua pilihan mesin yang beda karakter. Buat varian paling dasar yaitu Fronx GL, jantung pacunya pakai mesin 1.5 liter 4 silinder berkode K15B.
Tenaga maksimalnya ada di angka 103 hp, dengan torsi 138 Nm. Pilihan transmisinya juga fleksibel, ada yang manual 5-speed, dan ada juga yang otomatis 4-speed. Buat kamu yang nyari mobil simpel tapi tetap punya tenaga cukup buat kebutuhan harian, mesin ini udah lebih dari cukup.
Sisa ruang kaki baris belakang terbilang luas
Naik ke varian yang lebih atas, seperti Fronx GX dan SGX, Suzuki ngasih teknologi hybrid ringan alias mild hybrid. Mesinnya pakai kode K15C, yang juga punya konfigurasi 1.5 liter 4 silinder, tapi dibekali tambahan sistem ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai kecil berkapasitas 10 Ah.
Sistem ini kerja bareng mesin bensin buat bantu akselerasi dan efisiensi bahan bakar, terutama pas macet atau stop-and-go. Yang menarik, sistem mild hybrid di Fronx ini satu level sama Grand Vitara, karena udah pakai injektor Dual Jet.
Bagaimana menurut kamu, penasaran coba?
Lihat Selengkapnya
3 Produk Baru Citroen Untuk Indonesia, Mana Pilihanmu?02 Dec 2022
3 Produk Baru Citroen Untuk Indonesia, Mana Pilihanmu?02 Dec 2022
GoodCar.id, Jakarta - Citroen kembali menapaki pasar otomotif Indonesia. Pertanyaannya, apa saja produk baru Citroen yang akan dipasarkan untuk Tanah Air?
Untuk menjawab rasa penasaran Good Friends, kali ini GoodCar bakal membahas sejumlah produk yang kemungkinan akan dijual untuk pasar domestik. Seperti diketahui, nama besar Citroen di Indonesia tentunya tak perlu diragukan lagi.
Jenama asal Perancis itu dikenal kerap melahirkan produk yang mengedepankan kenyamanan premium. Daripada penasaran, yuk kupas tuntas produk baru Citroen.
Daftar Produk Baru Citroen
Mengupas lebih mendalam mengenai produk baru Citroen, kemungkinan bakal menawarkan tiga produk anyar mereka di tahap awal menapaki pasar domestik. Sebut saja Citroen C3, Citroen C5 Aircross, hingga produk elektrik mereka Citroen e-C4.
Baca juga: Ciri-Ciri Wiper Mobil Rusak, Jangan Anggap Enteng!
Pengin tahu spesifikasinya? Nih.. GoodCar juga bakal memberikan informasi lengkapnya:
1. Citroen C3
Rencana besar Citroen untuk dapat bersaing di pasar domestik bakal mengisi segmen Sport Utility Vehicle (SUV), melalui Citroen C3 yang bakal menjegal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kehadiran mobil ini untuk mengaet pasar konsumen yang menginginkan kendaraan yang dibanderol dibawah Rp 300 jutaan.
Produk ini pun berstatus CBU dari India, dengan pilihan dua mesin yakni 1.200 cc 3 silinder naturally-aspired dan 1.200 cc 3 silinder turbo. Tertarik? Nampaknya kamu nggak perlu menunggu terlalu lama, karena kemungkinan produk ini akan mulai dipasarkan di tahun 2023 mendatang.
2. Citroen C5 Aircross
Pilihan produk baru Citroen kedua ada C5 Aircross. Produk ini menawarkan beberapa opsi mesin, lho! Namun hingga saat ini kami belum bisa memastikan, kira-kira mesin mana yang bakal diboyong untuk Indonesia.
Sekadar Informasi, untuk pasar Eropa Citroen menawarkan jenis mesin 1.200cc Turbo dengan tenaga 128 hp. Ada juga opsi mesin diesel yang berkubikasi 1.598 cc turbo berdaya 178 hp dengan torsi 300 Nm.
Baca juga: Honda WR-V Melantai di Indonesia, Dijual Mulai Rp 271,9 Juta
Mau cari yang ramah lingkungan? Tenang karena Citroen pun opsi plug-in hybrid yang memadukan mesin empat silinder turbo 1.598 cc bertenaga 178 dk dengan motor listrik 107 dk. Sedangkan jenis mesin yang dipasarkan di wilayah India adalah mesin 4 silinder diesel turbo 1.997 cc dengan daya 174 hp.
C5 Aircross masuk ke segmen SUV menengah dan penjualannya bakal langsung diimpor dari Perancis.
3. Citroen e-C4
Opsi produk baru Citroen terakhir ada e-C4, di mana mobil ini dibenamkan mesin full elektrik. Mobil ini diimpor langsung dari Spanyol.
Daya jelajah Citroen e-C4 pun diklaim hingga 350 kilometer berdasarkan klaim WLTP, ketika baterai terisi penuh. Kapasitas baterainya sebesar 50 kWh, dengan kecepatan pengecasan dari 0-100% hanya dalam waktu 1 jam 13 menit.
Gimana sekarang sudah tahukan produk baru Citroen yang bakal dipasarkan di Indonesia? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya Good Friends!
[DeF]
Lihat Selengkapnya
4 Jenis Mobil Listrik yang Bisa Jadi Pilihan, Awas Salah!23 Sep 2022
4 Jenis Mobil Listrik yang Bisa Jadi Pilihan, Awas Salah!23 Sep 2022
GoodCar.id, Jakarta - Mobil listrik jadi solusi bagi masyarakat yang mendambakan kendaraan yang ramah lingkungan. Sejalan dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, kini mendorong banyak masyarakat beralih ke mobil listrik.
Beberapa waktu terakhir, pabrikan otomotif kini berlomba untuk menghadirkan inovasi mobil listrik terbaru mereka untuk pasar Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah terhadap mobil ramah lingkungan.
Seperti diketahui, beragam keuntungan bisa dinikmati para pengguna mobil bertenaga elektrik itu. Sebut saja pemberlakuan insentif pajak kendaraan listrik hingga kebebasan dari aturan ganjil-genap.
Baca juga: Spesifikasi Nissan Leaf, Ada Fitur Canggih yang Jadi Pembeda!
Bagi Good Friends yang sedang mempertimbangkan untuk meminang mobil listrik, sebaiknya kenali dahulu seluruh jenis kendaraan ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Mengingat setidaknya ada empat jenis mobil listrik yang masing-masing memiliki keunggulan untuk menunjang mobilitas.
Adapun jenis-jenis mobil listrik yang bisa dijadikan pilihan meliputi Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).
1. Battery Electric Vehicle (BEV)
Jenis Battery Electric Vehicle (BEV) merupakan mobil yang menggunakan listrik sepenuhnya sebagai sumber penggerakan, jenis ini tidak memiliki sistem pembakaran atau motor traksi. Tenaga penggerak tersimpan dalam sebuah baterai yang dapat diisi ulang dengan menyambungkannya ke saluran listrik eksternal.
Mobil Listrik berteknologi BEV memiliki keistimewaan mampu menyimpan tenaga, ketika mengerem atau laju mobil melambat dengan menggunakan komponen listrik yang memiliki fungsi sebagai generator.
Selanjutnya generator ini yang akan menghasilkan tenaga dan menyimpan listrik pada baterai. Jika dibandingkan dengan mobil listrik berteknologi HEV atau PHEV, mobil listrik berteknologi BEV diklaim lebih efisien dan irit.
Contoh kendaraan BEV yang kini telah tersedia di Indonesia seperti Nissan Leaf, Hyundai Ioniq, hingga Wuling Air EV.
2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)
Membahas mengenai Hybrid Electric Vehicle (HEV), merupakan mobil yang umum dikenal dengan sebutan mobil hybrid. Jenis HEV termasuk dalam mobil listrik yang mengandalkan tenaga listrik sebagian atau secara tidak penuh.
Mobil berteknologi HEV menggabungkan dua sistem penggerak yang bersumber dari baterai dan bahan bakar minyak. Pada HEV, baterai tidak dapat diisi ulang secara eksternal, karena HEV tidak memiliki charging port.
Baca juga: Bedah Nissan X-Trail Bekas Lansiran 2017, Apa Keunggulannya?
Cara pengisian daya ke baterai, dilakukan ketika kendaraan melakukan pengereman karena serupa dengan tipe BEV, motor listrik berfungsi sebagai generator yang menyimpan energi listrik ke baterai.
Mobil hybrid bisa mengkonsumsi bahan bakar lebih irit dua kali, dibandingkan dengan mobil konvensional. Adapun jenis mobil HEV yang kini tersedia di Tanah Air antara lain Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.
3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)
Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) termasuk dalam kendaraan yang sebagian mengandalkan listrik selain bahan bakar. Mobil berteknologi PHEV beroperasi dengan menggunakan listrik dan bahan bakar secara bersamaan.
Baterai mobil PHEV dapat diisi ulang secara eksternal maupun memanfaatkan gerakan kinetis saat melakukan pengereman. Berkat perpaduan tenaga listrik dan bahan bakar, mobil PHEV dipercayai memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang baik.
Tipe mobil PHEV antara lain Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i8, dan Toyota C-HR.
4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)
Terakhir ada Fuel-Cell Vehicle (FCEV) atau kendaraan zero emission mengandalkan Fuel-Cell untuk menghasilkan listrik. Jenis mobil listrik ini belum banyak digunakan di Indonesia. Prinsip kerja FCEV tak jauh berbeda dari tipe BEV.
Pembeda FCEV memiliki sistem untuk mengkonversi energi kimia dari Fuel-Cell. Jadi mobil dengan jenis ini menghasilkan listrik sendiri untuk menjalankan kendaraan.
Sementara jenis mobil FCEV yaitu Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV, dan Honda Clarity Fuel Cell. Gimana sekarang sudah tahukan apa saja jenis mobil listrik di Indonesia? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.
Lihat Selengkapnya
Spesifikasi Nissan Leaf, Ada Fitur Canggih yang Jadi Pembeda!15 Sep 2022
Spesifikasi Nissan Leaf, Ada Fitur Canggih yang Jadi Pembeda!15 Sep 2022
GoodCar.id, Jakarta - Era elektrifikasi di Indonesia nampaknya bakal segera terelasisi. Mengingat saat ini Presiden RI Joko Widodo tengah mempercepat elektrifikasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022, pada Selasa (13/9/2022).
Inpres itu mengatur tentang penggunaan kendaraan motor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perseorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Bak gaung bersambut, saat ini para pabrikan otomotif memang sedang berlomba untuk menghadirkan mobil-mobil ramah lingkungan.
Sebut saja mobil hybrid hingga elektrik yang kini bisa dipinang masyarakat di pasar otomotif Tanah Air. Mulai dari dalam kondisi baru hingga bekas kini pilihannya cukup beragam, lho!
Mengacu pada pasar mobil listrik, saat ini harganya pun terbilang cukup kompetitif mulai dari Rp 200 jutaan hingga Rp 1 miliar. Dari beragam mobil listrik yang ada saat ini, Nissan Leaf rasanya cukup menarik perhatian GoodCar.
Yuph, mobil ramah lingkungan ini menawarkan beragam keunggulan dan juga kecanggihan yang bisa menunjang kenyamanan penggunanya. Nah.. buat kalian yang tertarik meminang Leaf, kali ini kami akan membeberkan secara rinci terkait spesifikasi Nissan Leaf yang mungkin bisa acuan buat kalian yang ingin meminangnya.
Penasaran? Yuk simak ulasan mengenai spesifikasi Nissan Leaf berikut ini:
Spesifikasi Nissan Leaf, Patut Jadi Pertimbangan
Sebelum lebih mendalam mengenai spesifikasi Nissan Leaf, kamu perlu tahu bahwa mobil listrik ini pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu, melalui ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS). Kehadiran Nissan Leaf setidaknya jadi salah satu pelopor memasuki era elektrifikasi di Indonesia.
Bicara jantung mekanis, Nissan Leaf dibekali dengan motor listrik dengan torsi puncak sebesar 320 Nm. Tenaga yang dihasilkan sebesar 110 kW atau setara dengan 148 dk.
Tenaga dan juga torsi tersebut diproduksi oleh baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh. Ketika kondisi baterai terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga 311 km.
Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik, Pilih yang Mana?
Waktu pengisian baterai biasanya membutuhkan waktu 12 jam hingga 15 jam dengan pengisi daya portable 3,3 kWh. Jika menggunakan home charger AC 7,4 kWh pengisian daya bisa lebih cepat yakni selama 5 jam hingga 7 jam hingga baterai terisi penuh.
Bicara mengenai akselerasinya, Nissan Leaf mampu melaju dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam waktu 7,9 detik saja. Kecepatan maksimalnya sebesar 155 kpj.
Fitur Canggih
Setelah membahas mengenai spesifikasi Nissan Leaf, kurang pas rasanya jika tidak membahas mengenai teknologi yang tersemat di Leaf baru. Di mana mobil ini sudah dilengkapi dengan Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag.
Selain peranti di atas, ada juga fitur keselamatan modern lainnya seperti Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), serta Electronic Parking Brake (E-PKB).
Baca juga: Bedah Nissan X-Trail Bekas Lansiran 2017, Apa Keunggulannya?
Fitur yang cukup menonjol menurut penilaian GoodCar adalah e-Pedal. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk berkendara, akselerasi, deselerasi, hingga berhenti hanya menggunakan satu pedal saja. Cara penggunaan fitur e-Pedal, pengemudi cukup menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas saja.
Menyoal harga, dalam kondisi baru Nissan Leaf ditawarkan dengan banderol Rp 728 juta untuk One Tone dan Rp 730 juta untuk Two Tone on the road Jakarta.
Lihat Selengkapnya