Toyota Gazoo Racing Rilis GR GT dan GR GT3, Intip Spesifikasinya07 Dec 2025
Toyota Gazoo Racing Rilis GR GT dan GR GT3, Intip Spesifikasinya07 Dec 2025
Jakarta, GoodCar.id - Toyota Gazoo Racing (TGR) resmi memperkenalkan dua model terbarunya GR GT dan GR GT3 dengan menampilkan prototipe yang masih dalam tahap pengembangan untuk pertama kalinya. Kedua model ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman berkendara maksimal melalui tiga pilar utama: pusat gravitasi serendah mungkin, bobot ringan dengan rigiditas tinggi, serta efisiensi aerodinamika tingkat lanjut. GR GT tampil sebagai mobil sport flagship baru yang legal di jalan raya, namun dikembangkan dengan filosofi mobil balap sepenuhnya. Sementara itu, GR GT3 merupakan mobil balap berstandar FIA GT3 yang ditujukan bagi pelanggan yang benar-benar ingin meraih kemenangan.
Baik GR GT maupun GR GT3 mengadopsi teknologi dan metode manufaktur baru, termasuk rangka bodi full-aluminum pertama Toyota, serta mesin V8 4.0-liter twin-turbo yang juga digunakan di kedua model. Perkembangan keduanya dilakukan dengan pendekatan “one-team” yang dipimpin langsung oleh Ketua Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda (Master Driver Morizo), bersama para pembalap profesional Tatsuya Kataoka, Hiroaki Ishiura, Naoya Gamou, “gentleman driver” Daisuke Toyoda, serta para engineer dan evaluator internal. GR GT dikembangkan dengan konsep “driver-first”, memastikan mobil mampu menjawab kebutuhan pengemudi secara langsung, sementara GR GT3 mengikuti prinsip yang sama dalam format mobil balap murni.
TGR menempatkan dua model ini sebagai penerus semangat Toyota 2000GT dan Lexus LFA. Salah satu misinya adalah mewariskan “secret sauce of car-making” sebagai “Shikinen Sengu Toyota” tradisi meneruskan pengetahuan teknis lintas generasi. Proses pengembangannya melibatkan transfer keahlian dari para veteran LFA kepada generasi insinyur baru, serta adopsi teknologi yang belum pernah digunakan Toyota sebelumnya.
Pusat gravitasi ultra-rendah & paket powertrain baru
GR GT dikembangkan sebagai road-legal race car yang mengutamakan rasa menyatu antara mobil dan pengemudi. Mobil ini menggabungkan mesin baru V8 4.0L twin-turbo dengan motor listrik dalam sistem hybrid bertenaga lebih dari 650 PS dan 850 Nm (target pengembangan). Untuk mencapai pusat gravitasi serendah mungkin, Toyota menurunkan tinggi keseluruhan mobil dan posisi duduk pengemudi, menggunakan layout FR (front-engine, rear-wheel drive), dry-sump, serta transaxle belakang. Hasilnya, pusat gravitasi mobil dan pengemudi dibuat hampir sejajar, meningkatkan kontrol dan rasa menyatu di tikungan.
Rangka aluminium pertama Toyota & fokus aerodinamika
Mengutamakan bobot ringan, Toyota untuk pertama kalinya menggunakan rangka aluminium penuh, dipadukan dengan panel bodi CFRP dan plastik. Untuk desain eksterior, TGR menggunakan pendekatan terbalik: aerodinamika ditentukan lebih dulu, baru desain visual menyusul. Kolaborasi rapat antara engineer aerodinamika—termasuk dari program FIA WEC—dan desainer menghasilkan bentuk yang efisien sekaligus agresif.
Interiornya dirancang tanpa kompromi dengan prioritas pada posisi duduk ideal, visibilitas maksimal, serta tata letak tombol yang intuitif untuk pengemudi profesional maupun pengguna harian. Indikator seperti shift-up dan gear selection dikembangkan melalui proses trial-and-error agar tetap mudah terbaca saat berkendara di sirkuit.
Sebagai pengembangan dari GR GT, GR GT3 membawa pilar yang sama: pusat gravitasi rendah, bobot ringan, dan aerodinamika optimal. Mobil ini sepenuhnya sesuai regulasi FIA GT3 dan ditujukan menjadi mobil yang “dipilih oleh mereka yang ingin menang, namun tetap mudah dikendarai siapa saja”. TGR juga menyiapkan sistem dukungan pelanggan untuk tim dan pembalap privateer.
Teknologi, simulasi, dan pengujian ekstrem
Pengembangan kedua mobil dilakukan dengan metode motorsport modern, termasuk simulasi berkendara dan uji komponen sistem penuh lewat system bench. Pengujian nyata dilakukan di berbagai lokasi seperti Toyota Technical Center Shimoyama, Fuji Speedway, hingga Nürburgring, termasuk pengujian jalan raya untuk memastikan mobil tetap nyaman digunakan harian.
Seperti model GR lainnya, GR GT dan GR GT3 terus diuji, dipaksa hingga batasnya, dan diperbaiki. Rencananya kedua model akan diluncurkan sekitar 2027, dengan detail tambahan yang akan diumumkan kemudian.
Lihat Selengkapnya
Perodua QV-E, EV Pertama Malaysia untuk Segmen Entry-Level04 Dec 2025
Perodua QV-E, EV Pertama Malaysia untuk Segmen Entry-Level04 Dec 2025
Malaysia, Goodcar.id - Perodua QV-E akhirnya resmi meluncur dan langsung menorehkan sejarah sebagai mobil listrik pertama yang sepenuhnya dikembangkan di Malaysia.
Dibanderol RM80.000 atau sekitar Rp323 juta, QV-E masuk ke kelas EV menengah. Namun, Perodua menawarkan pendekatan berbeda lewat skema Battery-as-a-Service (BaaS). Alih-alih membeli baterai, konsumen harus menyewanya dengan biaya RM275 per bulan (sekitar Rp1,2 jutaan).
Skema ini disebut Perodua sebagai cara paling masuk akal untuk meredam kekhawatiran soal biaya penggantian baterai dan menjaga nilai jual kembali di masa depan. Proyek QV-E dimulai pada Agustus 2023 dan selesai hanya dalam dua tahun. Total biaya riset mencapai RM800 juta (sekitar Rp3,24 triliun), dengan 266 ribu jam kerja.
Hal yang membuat proyek ini kian menarik adalah keterlibatan Magna Steyr, perusahaan Austria yang memproduksi model-model ikonik seperti Mercedes-Benz G-Class, Toyota GR Supra, sampai Jaguar I-Pace. Hasil kolaborasi ini melahirkan platform modular untuk segmen A–B, yang bisa dikembangkan menjadi sedan, hatchback, maupun SUV.
Desain Sportback, Dimensi Kompak
Secara tampilan, Perodua QV-E hadir sebagai compact sportback dengan panjang 4.170 mm dan lebar 1.800 mm, namun tetap terasa ringkas. Atapnya dibuat rendah, dengan wheelbase 2.680 mm, dan ground clearance 158 mm.
Di sisi ruang kabin, QV-E bukan ditujukan untuk keluarga besar. Mengutip laman media Paultan disebut, ruang baris kedua tidak seluas BYD Dolphin atau Proton eMas 5. QV-E ternyata cukup bertenaga. Motor listrik di depan menghasilkan 204 PS dan 285 Nm, menjadikannya model tercepat dalam sejarah Perodua. Akselerasi 0–100 km/jam dicatat 7,5 detik.
Baterai LFP 52,5 kWh dari CATL menawarkan jarak tempuh 445 km NEDC atau sekitar 380 km WLTP. Pengisian cepat DC 60 kW bisa mengisi 30–80% dalam 30 menit, sementara charging AC 6.6 kW butuh sekitar delapan jam hingga penuh.
Fitur-Fitur Baru
Walau berada di segmen kompak, QV-E membawa sederet fitur, mulai dari:
Digital rear-view mirror ala Toyota dan Lexus modern
Kursi pengemudi elektrik
Ambient lighting
Head unit 10,25 inci dengan Apple CarPlay & Android Auto nirkabel
Dashboard soft-touch
Child Presence Detection (CPD) berbasis radar
Paket ADAS lengkap dengan rating ASEAN NCAP 5-star
Fitur CPD menjadi yang paling disorot. Ia mampu mendeteksi gerakan bahkan pernapasan anak, meski tertutup kain, lalu memberikan alarm hingga notifikasi ke aplikasi. Teknologi seperti ini jarang ditemui pada EV kompak. Selamat!
Lihat Selengkapnya
IIMS 2026 Usung Konsep Sportainment, ada Gym dan Padel03 Dec 2025
IIMS 2026 Usung Konsep Sportainment, ada Gym dan Padel03 Dec 2025
Jakarta, Goodcar.id - Dua bulan menjelang gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2026 yang akan berlangsung pada 5–15 Februari 2026 di JIExpo Kemayoran, Dyandra Promosindo mulai memanaskan mesin. Tahun depan, pameran otomotif terbesar di awal tahun ini hadir dengan inovasi yang cukup berani: konsep Sportainment serta peluncuran ekosistem digital baru melalui Infinite Program.
Terobosan ini dirancang untuk menjawab perubahan perilaku pengunjung pameran otomotif yang kini tak hanya mencari kendaraan baru, tetapi juga menginginkan pengalaman hiburan, interaksi sosial, dan gaya hidup modern yang lebih sehat.
Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, menegaskan bahwa industri otomotif tengah menghadapi pergeseran perilaku konsumen. Masyarakat kini cenderung memilih aktivitas yang lebih berkelanjutan dan “well-being oriented”.
“Industri otomotif harus tetap punya panggung besar. IIMS hadir untuk merespons perubahan itu dengan inovasi, keberlanjutan, dan pengalaman yang lebih berkesan di setiap penyelenggaraan,” ujar Daswar dalam peluncuran Infinite Program IIMS 2026.
Sebagai simbol babak baru, Dyandra memperkenalkan dua perwakilan Artificial Intelligence (AI) bernama Infi dan Oto. Kehadirannya menjadi representasi masa depan interaksi pengunjung dengan pameran yang makin digital dan personal.
Sportainment: Gym, Golf, Padel, hingga Healthy Clubbing
Untuk pertama kalinya, IIMS menggabungkan dunia otomotif dan olahraga dalam satu paket besar yang dinamakan Sportainment. Program ini terbagi menjadi empat segmen utama:
1. Gym
IIMS menggandeng Aji Strongman untuk memberikan edukasi dan demonstrasi gaya hidup sehat. Konten dan aktivitas gym akan menjadi salah satu magnet baru bagi pengunjung yang ingin tetap aktif selama pameran.
2. Golf
Selebritas dan pengusaha Atta Halilintar ditunjuk sebagai representative untuk segmen ini. IIMS juga akan menggelar IIMS Golf Tournament di Sedayu Indo Golf pada 15 Januari 2026.
3. Padel
Fenomena olahraga padel yang sedang viral juga diangkat ke dalam IIMS. Bekerja sama dengan XYZ Padel, IIMS menghadirkan lapangan padel di area Gambir Expo selama 11 hari pameran. Sintya Marisca ditunjuk sebagai perwakilan segmen ini.
4. Healthy Clubbing
Berbarengan dengan tren hiburan sehat, IIMS menggandeng Venom untuk menciptakan pengalaman clubbing yang tetap energik namun tetap mindful.
Lewat Sportainment, Dyandra mencoba memperluas basis pengunjung, sekaligus membuktikan bahwa pameran otomotif dapat hadir dengan cara baru yang lebih relevan dengan gaya hidup masa kini.
IIMS School Edutainment: Ruang Kreatif untuk Pelajar
Tahun ini IIMS juga memperkenalkan IIMS School Edutainment, sebuah platform untuk siswa dan pelajar. Berbagai kompetisi seperti Ratoh Jaroe, Marching Band Competition, Cheerleader, School Got Talent, hingga Band Performance akan digelar sebagai ruang ekspresi talenta muda.
Atraksi Otomotif Spektakuler Lewat IIMS Infinite Show
Bagi pecinta atraksi adrenalin, IIMS Infinite Show tetap menjadi menu utama. Deretan aktivitas seperti motor freestyle, pertunjukan mobil, hingga simulasi teknik berkendara akan kembali hadir.
Beberapa program unggulan yang sudah dipastikan tampil antara lain:
Automotive Hero Day
Wonderful Diversity Indonesia
Wheels Romance bersama komunitas Main Cantik dan Poppy Sovia
Miss IIMS Got Talent
IDS Drift Show & Southeast Asia Drift Show
Classic Cars Parade
Human vs Machine featuring Aji Strongman
IIMS Infinite Live: 11 Hari Konser Musik Eksklusif
IIMS 2026 juga akan kembali menghadirkan konser musik IIMS Infinite Live yang berlangsung selama 11 hari penuh. Deretan musisi yang telah diumumkan mencakup:
Jamrud, Iwan Fals, Bernadya, Tulus, Superman Is Dead, Feast, Hindia, The Adams, Perunggu, The Jansen, dan Ari Lasso. Line-up tambahan akan diumumkan bulan depan.
Project Manager IIMS 2026, Rudi MF, menyebut Sportainment menjadi strategi penguatan pengalaman pameran agar semakin diminati berbagai kelompok usia.
“Kami ingin membuka pasar baru dan menghadirkan aktivitas kekinian agar pengunjung makin banyak dan peserta pameran mendapatkan dampak penjualan yang maksimal,” jelas Rudi.
Tahun depan, sejumlah merek besar telah dipastikan hadir, baik dari roda empat maupun roda dua.
Untuk roda empat: Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, GAC, Geely, GWM, Honda, Hyundai, Jeep, KIA, Mazda, MG, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling, VW, Xpeng, dan banyak lainnya.
Untuk roda dua: AHM, Alva, Benelli, Piaggio Group, QJ Motor, Royal Enfield, Vespa, Yamaha, hingga brand motor listrik dari Indomobil E-Motor.
IIMS 2026 juga tetap menghadirkan area khusus PAHAMI Village serta Indonesia Boating Gathering (IBG) yang menampilkan kayak, jetski, dan perahu di danau permanen JIExpo.
Tak ketinggalan, Jakarta Custom Culture & IIMS Trial Fest akan memperkaya eksplorasi budaya kustom dan aktivitas uji coba kendaraan terbaru.
Tidak hanya berpusat di Jakarta, Dyandra juga mengembangkan jaringan IIMS Series 2026 ke berbagai wilayah:
Surabaya (27–31 Mei 2026)
Balikpapan (21–25 Oktober 2026)
Manado (IIMS Garage Manado, 4–8 November 2026)
Ekspansi ini diharapkan memperluas akses industri otomotif ke kawasan Indonesia Timur yang tengah berkembang.
Lihat Selengkapnya
Daftar Lokasi Parkir Charging Toyota, Terbaru di Bandung!30 Nov 2025
Daftar Lokasi Parkir Charging Toyota, Terbaru di Bandung!30 Nov 2025
Bandung, Goodcar.id - Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan fasilitas Toyota Privilege Parking & Charging terbaru di Bandung, tepatnya di sebelah Lobby Hejo, 23 Paskal Shopping Center. Spot ini bisa diakses gratis oleh seluruh pengguna Toyota dan Lexus elektrifikasi—mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV. Di sini tersedia 9 slot parkir khusus dan 1 unit AC Charger Type 2 (22 kW), lengkap dengan petugas yang siap bantu proses parkir dan ngecas.
Berada di kawasan yang super strategis, fasilitas ini jadi bukti keseriusan Toyota buat memperluas xEV Ecosystem, supaya pengguna mobil elektrifikasi makin gampang mobilitas tanpa khawatir soal baterai. Intinya, mampir bentar ke mal bisa sekalian isi daya sambil tetap gaya.
Marketing Director TAM, Jap Ernando Demily, bilang kalau langkah ini sejalan dengan visi Toyota soal Mobility for All dan Carbon Neutrality. "Toyota mau semua orang bisa menikmati mobilitas ramah lingkungan dengan cara yang mudah dan relevan dengan keseharian, termasuk lewat kehadiran spot charging strategis seperti di Bandung ini," katanya dalam keterangan resmi dikutip 30 November 2025.
Fasilitas Toyota Privilege Parking & Charging Pertama di Bandung
Sebagai bagian dari strategi Multi Pathway, Toyota terus melengkapi line-up elektrifikasinya—Hybrid EV, BEV, dan PHEV—sekaligus memperluas ekosistem pendukungnya. Saat ini Toyota sudah menyediakan charging spot gratis di 113 dealer resmi, dan jumlahnya bakal terus bertambah mengikuti kebutuhan pengguna xEV.
Buat perjalanan antarkota, Toyota juga gandeng PLN menghadirkan charging spot di Rest Area Tol Trans Jawa. Sebelum hadir di Bandung, Toyota sudah membuka layanan privilege parking & charging di beberapa mal besar di Jakarta seperti Gandaria City dan Mall of Indonesia (MOI).
Peresmian fasilitas di 23 Paskal ini dilakukan oleh dua Marketing Director TAM bersama manajemen Kawasan Hypersquare Paskal. Acara ini juga dihadiri komunitas Toyota Carbon Fighter (TCF) yang konsisten mengajak masyarakat berkontribusi pada gerakan ramah lingkungan.
Marketing Director TAM, Hiroyuki Oide, menambahkan bahwa fasilitas ini bagian dari inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE, yaitu gerakan untuk mendorong adopsi mobilitas rendah emisi. Toyota ingin pengguna xEV bisa parkir dekat lobi, ngecas mudah, dan punya pengalaman berkendara yang lebih worry-free.
Daftar Lokasi & Fasilitas Toyota Privilege Parking & Charging
1. Gandaria City Mall – Jakarta
• Privilege Parking: 2 slot
• Privilege Charging: 5 slot
• Fasilitas Charging:
– 1 unit UFC 120 kW (CCS2, Chademo, AC Type 2)
– 1 unit AC Charger Type 2 (22 kW)
2. Mall of Indonesia (MOI) – Jakarta
• Privilege Parking: 8 slot
• Privilege Charging: 2 slot
• Fasilitas Charging:
– 1 unit UFC 120 kW (CCS2, Chademo, AC Type 2)
– 1 unit AC Charger Type 2 (22 kW)
3. 23 Paskal Shopping Center – Bandung
• Privilege Parking: 9 slot
• Privilege Charging: 1 slot
• Fasilitas Charging:
– 1 unit AC Charger Type 2 (22 kW)
Lihat Selengkapnya
Goodfriends bisa bertanya lebih jauh tentang ketersediaan unit, promo & benefit menarik, negosiasi harga ataupun simulasi kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.