GWM Tank 300 Diesel Turbo Diuji di Cisadon, Seberapa Tangguh?16 Oct 2025
GWM Tank 300 Diesel Turbo Diuji di Cisadon, Seberapa Tangguh?16 Oct 2025
Jakarta, Goodcar.id - Inchcape GWM Indonesia menggelar kegiatan bertajuk “Step Into the Realm of the Explorer with The All-Terrain Conqueror”, mengajak media dan komunitas off-road menguji langsung GWM Tank 300 Diesel Turbo di kawasan Danau Badeur, Cisadon, Bogor.
Kolaborasi dengan Julian Johan (Jejelogy) dan Jejelogy 4x4 School. Julian dan timnya menjadi penguji ideal untuk menilai apakah Tank 300 Diesel Turbo benar-benar siap menghadapi tantangan nyata di lapangan, bukan hanya di brosur.
Perjalanan dimulai dari GWM Tank Studio Jakarta, dilanjutkan konvoi menuju Cisadon. Di ruas jalan raya, mesin 2.4L Diesel Turbo dengan tenaga 184 PS dan torsi 480 Nm terasa responsif. Transmisi otomatis 9-percepatan (9AT) bekerja halus dan efisien. Suspensi juga cukup lembut untuk SUV ladder frame, meski pengendalian di tikungan masih terasa berat.
Begitu masuk ke jalur menanjak dan berbatu, sistem 4WD Part-Time dengan pilihan mode 2H, 4H, dan 4L mulai diuji. Mode Rock, Mountain, dan Crawl bekerja baik, membantu menjaga traksi dan kecepatan stabil di tanjakan berlumpur. Namun, semua kemampuan itu baru terasa optimal di tangan pengemudi berpengalaman. Untuk pengguna awam, sistemnya masih butuh adaptasi.
Fitur Tank Turn yang memungkinkan mobil berputar di radius sempit jadi gimmick menarik, tapi tidak selalu relevan untuk penggunaan harian. Di sisi lain, sistem pendinginan mesin dengan double water jacket dan kipas 850W terbukti efektif menjaga performa tetap stabil sepanjang jalur berat Cisadon.
Nyaman, Modern, tapi Belum Sepenuhnya Matang
Kabin Tank 300 Diesel Turbo tampil premium dengan balutan kulit Nappa dan kaca double-layer laminated. Tingkat kebisingan hanya 41 dB saat idle, membuatnya sekelas SUV bensin. Namun, desain interior dan antarmuka digitalnya masih terasa “China-centric” — futuristik, tapi tidak selalu intuitif bagi pengguna lokal.
SUV ini juga dibekali fitur ADAS Level 2 dengan 20 sistem aktif, termasuk AEB, ACC, LKA, dan Traffic Jam Assist. Secara kertas, lengkap. Tapi penerapan teknologi secanggih ini menuntut kalibrasi dan layanan purna jual yang konsisten, terutama di luar kota besar. Tanpa dukungan teknisi terlatih dan suku cadang cepat, fitur-fitur ini bisa jadi sekadar hiasan di dashboard.
CEO Inchcape GWM Indonesia, Bagus Susanto, menyebut kegiatan ini sebagai pembuktian visi global GWM: All Scenarios, All Powertrains, All Users.
Namun, pembuktian sesungguhnya justru bukan di jalur Cisadon, melainkan di kemampuan jaringan aftersales GWM Indonesia menjaga kepercayaan konsumen dalam jangka panjang.
Saat ini, GWM baru memiliki 13 dealer resmi di beberapa kota besar. Jumlah itu masih tergolong terbatas untuk SUV dengan klaim ketangguhan lintas medan. Keberhasilan Tank 300 Diesel Turbo di pasar Indonesia akan sangat bergantung pada ketersediaan suku cadang, dan jaminan teknisi kompeten.
Terlebih hadirnya garansi mesin 10 tahun atau 1 juta kilometer yang harusnya membuat konsumen tenang.
Lihat Selengkapnya
GWM Tank 300 Diesel Menggoda Di GIIAS 2025, Harga Dibanderol Rp598, Ini Keunggulannya!25 Jul 2025
GWM Tank 300 Diesel Menggoda Di GIIAS 2025, Harga Dibanderol Rp598, Ini Keunggulannya!25 Jul 2025
Jakarta,Goodcar.id – Great Wall Motor (GWM) Indonesia resmi meluncurkan GWM Tank 300 Diesel dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Hadir sebagai varian terbaru dari lini GWM Tank 300 yang telah mendunia, SUV ini mengusung tiga nilai utama: Mesin baru 2.4L Diesel Turbo yang powerful dan tangguh di segala medan (Powerful Diesel), penampilannya yang tangguh dan gagah di luar, mewah dan nyaman di dalam (Luxury Presence), dilengkapi dengan teknologi cerdas dan terdepan untuk fitur keselamatan dan konektivitas tanpa batas (Intelligent Technology: Safety & Connectivity).
“Setelah meluncurkan rangkaian kendaraan Hybrid Electric Vehicle dan mendapatkan respon positif, kami melangkah lebih jauh dengan menghadirkan varian diesel sebagai bagian dari komitmen global kami dalam menyediakan berbagai pilihan teknologi. GWM Tank 300 Diesel telah mencatatkan kesuksesan di tingkat regional dan kami optimis model ini akan diterima dengan baik di pasar Indonesia.”Bagus Susanto, CEO GWM Indonesia, Selasa (23/07/25).
Masuk ke kabin GWM Tank 300 Diesel, terdapat sejumlah fitur kekinian yaitu fitur kamera 360 derajat. Lalu tersedia Advanced Driver Assistance Systems level 2. Meliputi Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Lane Center Keeping serta berbagai fitur lain yang membantu pengemudi tetap waspada dan nyaman di berbagai kondisi jalan.
Diesel Tangguh: Siap Taklukan Segala Medan
GWM Tank 300 Diesel menggunakan mesin dengan efisiensi tinggi, dilengkapi dengan Variable Geometry Turbocharged (VGT) yang dikontrol secara elektronik, mampu mereduksi turbo lag secara signifikan serta mencapai torsi maksimalnya di 480 Nm pada putaran mesin relatif rendah, yaitu 1.500 RPM, mempertahankan torsi tersebut hingga pada putaran mesin 2.500 RPM.
Dalam hal power, mesin ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 135 kW pada putaran mesin 3.600 RPM. Mesin GWM Tank 300 Diesel juga dipasangkan dengan transmisi otomatis 9-percepatan yang dikembangkan sendiri oleh GWM dan menjadi teknologi pionir di pasar otomotif China. Kombinasi mesin dan transmisi ini mampu menghasilkan efisiensi maksimal, hanya 8 liter/100km berdasarkan pengujian internal di jalanan Indonesia.
Melalui sistem penggerak 4WD yang menawarkan tiga pilihan mode 2H, 4H, dan 4L, GWM Tank 300 Diesel siap menghadapi segala tantangan. Untuk perjalanan di jalan aspal, mode 2H mengaktifkan penggerak dua roda guna menghadirkan efisiensi bahan bakar yang optimal. Sementara itu, saat melintasi medan berat, mode 4H dan 4L memberikan traksi dan tenaga maksimal, memastikan performa tangguh di berbagai kondisi off-road ekstrem.
Jangan sampai kelewatan, GWM Tank 300 Diesel sudah bisa dibeli oleh para pengujung selama gelaran GIIAS 2025 berlangsung. Bila Anda tertarik, dan berikut harga yang di tawarkan GWM:
GWM Tank 300 Diesel hadir dalam dua varian yang ditawarkan dengan harga OTR Jakarta sebagai berikut:
Rp 598.000.000 untuk varian 4x2
Rp 658.000.000 untuk varian 4x4
Kedua varian tersedia dalam pilihan warna menarik: Hamilton White, 27 Orange, Sun Black, dan Ayers Grey. Pengunjung GIIAS 2025 juga berkesempatan mendapatkan harga spesial early bird senilai Rp 648.000.000 untuk unit GWM Tank 300 Diesel varian 4x4.
Lihat Selengkapnya
Bocoran Spesifikasi BJ30 Hybrid Turbo, Siap Guncang GIIAS 2025!03 Jul 2025
Jakarta, Goodcar.id – BAIC Indonesia akan menampilkan sejumlah model elektrifikasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, salah satunya adalah BJ30 Hybrid.
BJ30 Hybrid digadang-gadang akan menjadi ujung tombak BAIC dalam menyasar pasar SUV ramah lingkungan di Indonesia, bersamaan dengan peluncuran BJ41 PHEV, BJ60 PHEV, dan BJ80.
“Seluruh model ini dijadwalkan meluncur pada tahun 2025, dan BJ30 Hybrid menjadi yang paling adaptif untuk kebutuhan pasar urban,” kata Dhani Yahya, CEO BAIC Indonesia.
Secara tampilan, BJ30 Hybrid hadir dengan detail futuristik, menjadikannya tampil modern namun tetap tangguh.
Interior BJ30 Hybrid menggunakan Panel digital, layar sentuh besar di tengah dasbor, dan material soft-touch mendominasi bagian dalam kabin.
Kombinasi ini menciptakan kesan mewah tanpa meninggalkan nuansa utilitarian khas SUV.
Mesin 1.5 Turbo Khusus Hybrid
Daya tarik utama BJ30 Hybrid tentu ada pada dapur pacunya. SUV ini dibekali mesin bensin 1.5 liter turbocharged berkode A156T2H-H1.
Mesin ini dirancang khusus untuk sistem hybrid BAIC dan bekerja bersama transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dua percepatan, memberikan perpindahan daya yang halus dan efisien.
BJ30 Hybrid menghasilkan tenaga maksimum 156 tk dari mesin bensinnya, sedangkan motor listrik utamanya mampu menyumbang daya hingga 177 tk.
Varian tertingginya bahkan dilengkapi dua motor listrik yang menghasilkan tenaga gabungan mencapai 409 tk, dengan torsi maksimum di kisaran 550 Nm hingga 685 Nm.
Meski bertenaga besar, BJ30 Hybrid tetap mengedepankan efisiensi. Konsumsi bahan bakarnya diklaim hanya 5,9–6,5 liter per 100 km, atau setara dengan 15-17 km/liter.
Ini membuatnya menjadi pilihan rasional bagi mereka yang menginginkan performa tinggi tanpa harus sering mampir ke SPBU.
Bobot BJ30 Hybrid sendiri berada di angka 1.690–1.770 kg, cukup ideal untuk menunjang stabilitas berkendara dan manuver lincah di berbagai kondisi jalan, baik dalam kota maupun rute luar kota seperti pegunungan atau tol antarkota.
BJ30 Hybrid juga dibekali teknologi penunjang kekinian. Sistem infotainment terintegrasi, panoramic sunroof, serta konektivitas smartphone akan jadi fitur standar di varian tertinggi.
Dari sisi keselamatan, mobil ini dilengkapi fitur seperti adaptive cruise control, lane keeping assist, hingga autonomous emergency braking.
Teknologi regeneratif braking dan mode EV-only untuk perjalanan jarak pendek juga dikabarkan akan tersedia. Jika fitur-fitur ini hadir utuh di versi Indonesia, BJ30 Hybrid bisa menjadi salah satu SUV hybrid paling canggih di segmen menengah.
Hingga kini, belum ada konfirmasi resmi mengenai harga BJ30 Hybrid untuk pasar Indonesia.
Namun jika mengikuti pola harga agresif BAIC sebelumnya, diperkirakan SUV ini akan dibanderol di bawah kompetitor seperti Nissan X-Trail e-Power dan GWM H6 HEV.
GIIAS 2025 menjadi momen penting bagi BAIC untuk menguji respon pasar terhadap model hybrid-nya. BJ30 Hybrid berpeluang besar mencuri perhatian jika hadir dengan spesifikasi tinggi dan harga yang kompetitif.
Lihat Selengkapnya
Spesifikasi GWM ORA 03, Mobil Listrik Desain Retro Mirip Beetle27 Jun 2025
Spesifikasi GWM ORA 03, Mobil Listrik Desain Retro Mirip Beetle27 Jun 2025
Jakarta, Goodcar.id — GWM Indonesia resmi menghadirkan ORA 03, hatchback listrik bergaya retro-futuristik yang memadukan desain ikonik dengan kecanggihan teknologi berkendara masa kini. GWM ORA 03 ditawarkan seharga Rp379 juta OTR Jakarta.
Model ini bukan nama asing di pasar global. GWM ORA 03 telah lebih dulu beredar di Eropa, Australia, hingga Thailand. Kini giliran konsumen Indonesia menikmati pengalaman berkendara yang tidak hanya berbeda secara tampilan, tetapi juga unggul dalam fitur dan teknologi.
Desain Bergaya Telur, Ekspresi yang Berbeda
GWM ORA 03 memiliki kemiripan visual yang kuat dengan VW Beetle, terutama pada bagian siluet membulat, lampu depan bulat besar, dan garis bodi yang mengalir lembut.
Bedanya, ORA 03 mengemas nuansa retro klasik ala Beetle ke dalam platform dan fitur elektrifikasi modern, lengkap dengan teknologi ADAS dan konektivitas kekinian.
Tak berhenti di situ, ORA 03 juga menjadi satu-satunya BEV di kelasnya yang dibekali panoramic sunroof dan velg alloy 18 inci. Warna-warna two-tone seperti Mars Red with Black Roof atau Hazel Wood Beige with Brown Roof semakin mempertegas karakter personal, apalagi dipadukan interior matching yang bergaya retro-modern.
Interior ORA 03 menghadirkan nuansa yang kontras namun harmonis: kemudi dual-spoke retro, kisi AC horizontal menyambung, material soft-touch, serta floating head unit dengan sistem infotainment modern. Fitur rotary gear dial dan wireless charger tertata rapi, menciptakan ruang kabin yang fungsional sekaligus enak dipandang.
Menariknya, mobil ini menawarkan 5 mode berkendara (Sport, Eco+, Eco, Normal, Auto)—jumlah terbanyak di segmen hatchback listrik saat ini. Sementara efisiensinya pun luar biasa: konsumsi energi hanya 13,1 kWh/100 km, atau setara biaya operasional sekitar Rp22.000–Rp39.000 per 100 km. Jelas lebih hemat dibanding mobil bermesin bakar konvensional.
ADAS Lengkap, Aman di Segala Situasi
GWM ORA 03 juga unggul di aspek keselamatan aktif. Tercatat 15 fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) disematkan, termasuk:
Autonomous Emergency Braking (AEB) untuk kendaraan, pejalan kaki, dan persimpangan
Lane Keeping Assist dan Lane Centering
Adaptive Cruise Control dengan Traffic Jam Assist
360° Camera dan Low Speed Emergency Braking
Semua fitur ini dibangun di atas platform LEMON E yang ringan dan fleksibel, dengan standar keselamatan bintang 5 EURO NCAP serta sertifikasi dari China Insurance Research Institute. Perlindungan strukturalnya didukung 65% high-strength steel, 8 titik thermoformed steel, dan 6 airbag.
Untuk memastikan durabilitas, GWM juga telah melakukan uji ekstrem: dari suhu -30°C hingga 55°C, kelembapan tinggi, tekanan atmosfer ekstrem, hingga jalan bergelombang—membuktikan ORA 03 siap menghadapi tantangan cuaca dan kontur jalanan Indonesia.
GWM ORA 03 akan mulai diproduksi lokal di pabrik Inchcape Manufacturing, Wanaherang, pada 2026.
Terkait layanan purnajual, konsumen akan menikmati:
Garansi baterai 8 tahun/200.000 km
Garansi umum 7 tahun/200.000 km
Gratis servis hingga 3 tahun/30.000 km
Bonus Wall Charger & Power Back Door selama periode peluncuran
GWM ORA 03 kini sudah tersedia di 13 dealer resmi yang tersebar di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, hingga Batam. Jaringan ini akan terus berkembang, seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap kendaraan listrik bergaya dan ramah lingkungan.
Lihat Selengkapnya
Goodfriends bisa bertanya lebih jauh tentang ketersediaan unit, promo & benefit menarik, negosiasi harga ataupun simulasi kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.