YOGYAKARTA, Goodcar.id – Volkswagen resmi meluncurkan ID. BUZZ di Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2025, festival komunitas VW terbesar di Tanah Air.
ID. BUZZ menjadi simbol kampanye global “New Buzz in Life”, merayakan 75 tahun kehadiran VW Bus sekaligus menyambut babak baru kendaraan listrik yang humanis, emosional, dan tetap fungsional. Untuk membuktikan kemampuannya, dua unit ID. BUZZ diturunkan langsung dalam road trip Jakarta–Yogyakarta sejauh 560 km, dan hanya membutuhkan satu kali pengisian daya di sepanjang perjalanan.
Uji coba nyata dilakukan oleh tim Volkswagen Indonesia pada 10 Juli 2025, berangkat dari Volkswagen City Store di Wisma Indomobil, Jakarta, dengan baterai terisi 74%. Perjalanan melintasi Tol Trans Jawa, dan hanya berhenti satu kali di Rest Area KM 207 Tol Palikanci, Cirebon untuk pengisian daya dari 58% ke 97% dengan charger 100 kW dalam waktu kurang dari 30 menit, disambil makan siang.
Rombongan sempat singgah di Yumos Garage, Semarang, bengkel restorasi VW klasik yang menjadi ikon komunitas. Mereka tiba di Yogyakarta pukul 22.15 WIB, dengan baterai tersisa 7%.
Selama perjalanan ID. BUZZ menunjukkan bahwa mobil listrik bisa menjadi teman jalan yang menyenangkan. Legroom dan headroom lega hingga baris ketiga, bagasi hingga 2.469 liter, serta Electrochromic Panoramic Smart Glass Roof memberi pengalaman visual sekaligus kenyamanan yang bikin relaks.
Pengalaman berkendara semakin disempurnakan dengan Floating Head-Up Display, konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta sistem audio Harman Kardon 12+1 speaker. Bahkan, kursi depan dilengkapi pemanas, memory seat, dan fitur pijat, menempatkan ID. BUZZ di kelas premium yang sesungguhnya.
Soal keamanan, ID. BUZZ tidak main-main. Mobil ini sudah mengantongi rating 5-bintang dari EURO NCAP, berkat fitur-fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Change Side Assist, dan Drive Mode Selection. Sistem pengereman regeneratif turut menjaga efisiensi daya, terutama dalam perjalanan jarak jauh. Kombinasi ini menghasilkan rasa aman dan percaya diri di balik kemudi, bahkan di jalan malam yang panjang.
Andrew Nasuri, Direktur Indomobil Group, menyatakan bahwa peluncuran ID. BUZZ bukan hanya peluncuran mobil, tapi bentuk penghormatan terhadap sejarah dan komitmen menuju masa depan. “Kami bangga memperkenalkan ID. BUZZ di Yogyakarta, sebagai simbol budaya yang menjembatani kenangan masa lalu dengan arah baru mobilitas berkelanjutan,” ujarnya.
Senada dengan itu, Andhika Yopi selaku Media & Marketing Head JVWF 2025 menambahkan, “Kolaborasi kami dengan PT Garuda Mataram Motor menunjukkan bagaimana sejarah dan inovasi bisa bersatu dalam satu panggung yang sama.”
ID. BUZZ juga dilibatkan dalam kolaborasi seni bersama Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dua IP lokal, Tabe Thay dan Tenka Street, diberi kebebasan melukis di bodi ID. BUZZ secara langsung dalam sesi live painting. Ini menjadi simbol bahwa kendaraan masa depan juga bisa menjadi kanvas ekspresi kreatif. Mobil ini akan kembali tampil di ajang GIIAS 2025 sebagai bagian dari rangkaian kampanye kreatif tersebut.
Sebagai penutup manis dalam perayaan di JVWF 2025, Katon Bagaskara hadir memberikan penampilan spesial di gala dinner. Sosok penyanyi legendaris itu dihadirkan sebagai penghubung emosional antar generasi — senada dengan semangat ID. BUZZ sebagai mobil masa depan yang mengingatkan pada akar sejarah.