
Jakarta, Goodcar.id – Dunia reli Indonesia memasuki babak baru. TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) resmi memperkenalkan GR Yaris Rally2 sebagai bagian dari armada kompetisinya untuk musim balap nasional 2025. Mobil yang dikembangkan langsung oleh TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team ini merupakan unit Rally2 pertama di Asia (di luar Jepang) yang dimiliki oleh tim pabrikan, menandai komitmen serius Toyota dalam membangun ekosistem motorsport nasional.
Keputusan TGRI untuk menurunkan GR Yaris Rally2 bukan tanpa alasan. Setelah sukses mendominasi Sprint Rally dengan GR Yaris AP4, tim yang dikomandoi Ryan Nirwan dan Adi Indiarto ini kini mengincar gelar ganda: Juara Nasional Rally dan Sprint Rally 2025. Keduanya akan turun di kelas RC2, naik satu level dari RC3 yang selama ini mereka dominasi.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily menyatakan, “Dengan spesifikasi Rally2 yang setara dengan pesaing utama, kami yakin GR Yaris Rally2 akan meningkatkan daya saing TGRI di lintasan. Target kami jelas: menyandingkan gelar juara di dua ajang nasional utama.”
Kelas Rally2 merupakan kasta kedua dalam hierarki reli dunia setelah Rally1, mengikuti regulasi teknis FIA yang ketat. Mobil-mobil Rally2 harus dikembangkan dari basis kendaraan produksi massal dengan minimal 2.500 unit, menjamin bahwa teknologinya tetap dekat dengan pasar komersial meski dikemas untuk performa maksimal di medan ekstrem.
Tidak seperti mobil Rally1 yang menggunakan struktur space frame dan sistem hybrid, GR Yaris Rally2 dibangun dari bodi baja GR Yaris standar yang diperkuat roll cage sesuai spesifikasi FIA. Tujuannya: menciptakan kendaraan balap yang kokoh, aman, dan mampu bersaing di berbagai jenis lintasan—gravel maupun aspal.
Spesifikasi Teknis GR Yaris Rally2
Dimensi
Panjang: 3.995 mm
Lebar: 1.820 mm
Berat: 1.230 kg (termasuk ban cadangan)
Konstruksi: Bodi baja dengan roll cage terintegrasi
Mesin dan Transmisi
Tipe: 3-silinder segaris turbo
Kapasitas: 1.618 cc
ECU: Bosch Motorsport
Transmisi: Sequential 5-percepatan
Diferensial: Limited-slip differential
Suspensi dan Rem
Suspensi: MacPherson strut (depan dan belakang)
Shockbreaker: REIGER adjustable racing dampers
Rem: Kaliper 4-piston Alcon
Diameter cakram: 300 mm (gravel), 355 mm & 300 mm (aspal)
Ban: 205/65 R15 (gravel), 235/40 R18 (aspal)
Komponen-komponen tersebut disesuaikan dengan regulasi FIA dan bertujuan menjaga kompetisi yang setara. Performa tinggi tetap diimbangi dengan standar keselamatan dan pengendalian optimal di berbagai permukaan jalan.
Selama tiga musim terakhir, TGRI berhasil menunjukkan konsistensi di kancah nasional dengan GR Yaris AP4. Mereka mengunci gelar Juara Nasional Sprint Rally 2022 dan 2023, serta posisi runner-up di Kejurnas Rally 2022. Di musim 2024, tim kembali memuncaki podium Kelas H2, menunjukkan daya saing yang tinggi meski menghadapi lawan dengan mobil Rally2.
Dengan GR Yaris Rally2, peluang TGRI untuk mendominasi dua kelas utama semakin terbuka. Apalagi setelah mencetak kemenangan penting di Seri ke-2 Kejurnas Sprint Rally 2025, yang menjadi momentum krusial usai pembatalan seri pembuka.
Marketing Director TAM, Hiroyuki Oide menambahkan bahwa kehadiran GR Yaris Rally2 juga mencerminkan misi yang lebih besar: mengembangkan motorsport Indonesia. “Ini bukan hanya tentang performa, tapi juga bagian dari semangat GAZOO Racing: pushing the limits for better. Kehadiran mobil ini di Indonesia menunjukkan komitmen kami dalam menciptakan lebih banyak kegembiraan dalam dunia balap Tanah Air.”