Jakarta, Goodcar.id — Mitsubishi Motors Corporation resmi mengumumkan keikutsertaan Team Mitsubishi Ralliart di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2025 yang digelar mulai 8–16 Agustus 2025 di Thailand. Tiga unit Triton rally car akan diturunkan, dengan target ambisius untuk merebut kembali gelar juara umum yang terakhir dimenangkan pada 2022.
Tahun ini, AXCR merayakan edisi ke-30 dan balap dibuat lebih menantang dari sebelumnya. Total rute diperpanjang dari 2.000 km menjadi 2.500 km, mencakup delapan hari kompetisi yang melintasi pegunungan, hutan lebat, hingga sungai. Rute yang semula dijadwalkan melintasi perbatasan Thailand-Kamboja, akhirnya dikonfirmasi akan sepenuhnya digelar di wilayah Thailand karena penutupan lintas negara.
Team Mitsubishi Ralliart masih dipimpin oleh Hiroshi Masuoka, mantan juara Dakar dan kini menjabat Team Director. Tim dimiliki oleh Tant Sport (Thailand), sementara pengembangan teknis sepenuhnya didukung langsung oleh insinyur Mitsubishi Motors.
Tiga mobil Triton akan dikemudikan oleh:
Chayapon Yotha – Peerapong Sombutwong (Thailand): Juara umum AXCR 2022.
Katsuhiko Taguchi – Takahiro Yasui (Jepang): Peringkat kelima AXCR 2024.
Kazuto Koide – Eiji Chiba (Jepang): Koide merupakan test driver internal Mitsubishi Motors.
Menariknya, Koide akan menunggangi Triton dengan transmisi otomatis yang telah dioptimalkan untuk kompetisi, berbeda dengan dua mobil lainnya yang menggunakan transmisi sequential 6-speed.
Spesifikasi Triton AXCR 2025
Triton untuk AXCR 2025 mengalami peningkatan signifikan di sektor mesin, sasis, dan daya tahan. Mesin diesel 4N16 turbo diklaim menghasilkan tenaga lebih dari 160 kW dan torsi puncak 500 Nm. Sistem penggeraknya menggunakan Super Select 4WD-II lengkap dengan LSD depan-belakang dari CUSCO, yang dirancang untuk menaklukkan medan ekstrem.
Suspensi depan mengandalkan sistem double wishbone independen, sementara belakang menggunakan sistem rigid 4-link. Untuk menjaga kestabilan dan daya redam, dipasang twin dampers adjustable di semua roda. Tak ketinggalan, pengereman dipercayakan pada sistem balap ENDLESS dengan kaliper monoblock dan disc ventilated besar.
Mobil ini juga menggunakan ban YOKOHAMA GEOLANDAR M/T G003 ukuran 245/75R17 dan pelek WORK aluminium alloy 17 inci, serta body panel berbahan carbon fiber untuk efisiensi bobot.
Sebagai persiapan menuju rally, pengujian ekstrem dilakukan di kawasan Taman Nasional Khao Yai, Thailand, pada awal Juni 2025. Fokus uji coba meliputi durabilitas mesin, suspensi, dan sasis dalam kondisi beban tinggi, mensimulasikan medan sesungguhnya yang akan dihadapi saat balapan.
Hiroshi Masuoka mengungkapkan optimisme tinggi. "Triton telah membuktikan performanya dalam akselerasi, manuver di trek teknikal, hingga lintasan off-road berat seperti lumpur dan sungai. Tahun ini, kami meningkatkan torsi mesin dan ketahanan, serta menyempurnakan sasis untuk mengejar gelar juara,” ujarnya.
Keikutsertaan Mitsubishi di AXCR bukan hanya soal mengejar kemenangan. Event ini juga dijadikan ajang validasi teknologi untuk kendaraan masa depan, termasuk riset durabilitas untuk produksi massal. Kazuto Koide sebagai test driver turut menjadi penghubung penting antara pengembangan di lapangan dan mobil produksi.
Team Mitsubishi Ralliart AXCR 2025 juga didukung oleh berbagai mitra teknis seperti HKS, ENDLESS, ENEOS, CUSCO, dan YOKOHAMA. Keterlibatan mereka memastikan bahwa setiap komponen di Triton siap menghadapi tekanan ekstrem di kompetisi.