Jakarta, Goodcar.id - TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) kembali menunjukkan dominasinya dengan meraih double podium di ajang GT World Challenge Asia (GTWCA) Japan Cup 2025 yang digelar di Okayama International Circuit, Jepang, pada 30–31 Agustus lalu.
Mengandalkan GR Supra GT4 Evo 2, duet Haridarma Manoppo (Indonesia) dan Seita Nonaka (Jepang) sukses mempertahankan tren positif dengan enam kemenangan beruntun di kelas GT4. Hasil ini membuka peluang besar bagi TGRI untuk meraih gelar juara umum, baik pembalap maupun tim, mengingat Japan Cup 2025 tinggal menyisakan dua seri.
“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia yang berhasil memenangkan Kelas GT4 Japan Cup 2025 enam seri berturut-turut. Didukung mobil baru GR Supra GT4 Evo 2 serta kerja keras engineer TGRI, Haridarma dan Seita mampu sapu bersih semua podium. Peluang juara pembalap dan tim tahun ini sangat terbuka,” ujar Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Persaingan Ketat di Kelas GT4
Japan Cup 2025 sendiri merupakan bagian dari GT World Challenge Asia (GTWCA), dengan delapan seri penuh yang seluruhnya digelar di Jepang. Khusus kelas GT4, mobil yang digunakan adalah versi produksi massal dari pabrikan, lalu dimodifikasi sesuai regulasi. Hal ini membuat level persaingan lebih merata dan ketat antar peserta.
Di seri ke-5 yang berlangsung Sabtu (30/8), Haridarma memulai balapan dari pole position dan tampil konsisten menjaga tempo. Setelah pit stop, giliran Seita mengambil alih dan berhasil mempertahankan posisi hingga garis finis dengan catatan waktu 1:00:32.461.
Keesokan harinya di seri ke-6, giliran Seita yang menjadi starter. Ia mampu menjaga posisi terdepan sejak awal hingga pit stop. Haridarma yang melanjutkan balapan tampil tenang sekaligus matang, mengamankan kemenangan dengan waktu 1:00:51.766.
Dominasi di Klasemen Sementara
Kemenangan back-to-back di Okayama semakin mengukuhkan dominasi TGRI di klasemen sementara Japan Cup 2025 kelas GT4. Saat ini, duet Haridarma–Seita sudah mengumpulkan 150 poin dari enam kemenangan, unggul jauh dari posisi kedua dengan 108 poin, sementara posisi ketiga hanya mengoleksi 45 poin.
Dengan jarak yang cukup aman, peluang TGRI untuk meraih gelar juara semakin terbuka lebar. Asalkan konsisten menjaga performa di dua seri terakhir, trofi champion kemungkinan besar akan jatuh ke tangan tim asal Indonesia ini.
“Kami bangga karena di bulan Agustus, bulan kemerdekaan Indonesia ke-80, pasangan pembalap TGRI menghadirkan kado istimewa dengan merebut podium pertama back-to-back. Harapannya, TGRI bisa mengharumkan nama Indonesia di level regional, sekaligus membawa excitement & joy of GR lewat motorsport,” ujar Hiroyuki Oide, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Dengan sisa dua seri yang akan menentukan, TGRI kini berada di jalur yang tepat menuju gelar juara GTWCA Japan Cup 2025. Konsistensi dan kekompakan Haridarma–Seita bersama GR Supra GT4 Evo 2 bisa menjadi kunci untuk mencatat sejarah baru bagi motorsport Indonesia.