Beranda / Artikel / Test Ride Tyranno, Sensasi Naik Motor Listrik Semi-Adventure Pertama di Indonesia
GoodBike

Test Ride Tyranno, Sensasi Naik Motor Listrik Semi-Adventure Pertama di Indonesia

Tigor Sihombing
02 July 2025 16:40

Jakarta, Goodcar.id - Industri motor listrik tanah air makin panas dengan kehadiran Tyranno, motor dual purpose elektrik pertama dari Indomobil Emotor. 

Kami berkesempatan menjajal langsung sensasi test ride Tyranno di kawasan SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Berjalan di atas lintasan pendek kurang dari dua kilometer. Meski jarak uji coba terbilang singkat, impresinya cukup dalam. 

Motor ini terasa kokoh dan stabil sejak awal gas diputar, tidak ada kesan ringkih atau ringan berlebihan seperti skuter listrik entry-level lain. 

Posisi duduk Tyranno lumayan ergonomis, dengan jok lebar sampai belakang, setang juga terasa pas untuk pengemudi (test rider) yang memiliki tinggi badan 172cm, dan ground clearance 170 mm cukup ideal saat melibas polisi tidur atau jalan rusak berbatu.

Satu hal yang langsung terasa mencolok adalah pengaturan throttle yang aman dan lembut. Ketika tuas gas diputar, motor tidak langsung melonjak, fitur yang sangat penting bagi pemula atau pengendara yang baru beralih dari motor bensin ke motor listrik. 

Tidak ada sensasi "terkejut" seperti pada EV dengan torsi tinggi yang terlalu spontan. Tyranno menyuguhkan akselerasi yang halus namun tetap responsif.

Di tengah sempitnya area satu area di kawasan SCBD, manuver Tyranno terasa lincah dan ringan, dengan bobot hanya 114,5 kg dan tinggi jok 755 mm yang membuat kaki tetap nyaman menapak. 

Suspensi depan teleskopik dan dual swing arm di belakang juga cukup membantu meredam getaran di jalanan bergelombang. Meski konsepnya adventure, karakter handling motor ini tetap cocok untuk pemakaian harian.

Touch Screen Speedometer

Soal fitur, Tyranno bisa dibilang cukup berani. Panel speedometer touchscreen tampil modern dan informatif, lengkap dengan fitur Cruise Control dan Smart Inclinometer, sensor pintar yang mendeteksi kemiringan jalan saat tanjakan atau turunan. 

Hal ini membuat pengalaman riding jadi lebih aman dan nyaman, terutama saat membawa barang atau melintasi kontur jalan ekstrem.

Performa mesinnya juga tak kalah menarik. Mengusung motor listrik 3 kW dengan torsi puncak 180 Nm, Tyranno cukup bertenaga bahkan jika dibandingkan dengan motor bensin 150 cc. Kecepatan maksimal diklaim mencapai 80 km/jam, dan jarak tempuh hingga 110 km dalam satu kali pengisian daya dari baterai lithium 2,4 kWh. Bagi commuter, ini sudah cukup untuk aktivitas harian tanpa perlu sering-sering ngecas.

Satu hal unik yang kami rasakan adalah speaker bawaan yang jernih untuk pemakaian outdoor. Biasanya fitur ini kurang diperhatikan, tapi pada Tyranno, suara speaker tetap terdengar bersih meskipun di luar ruangan yang bising. 

Ini bisa jadi fitur berguna untuk audio navigasi atau sekadar hiburan ringan saat riding santai.

Tampilan Belakang Kokoh

Bukan cuma soal fitur dan performa, Tyranno juga sudah diuji untuk tahan banjir hingga kedalaman 70 cm. Uji ketahanan ini penting, mengingat kondisi jalanan di kota besar seperti Jakarta yang rawan genangan saat musim hujan. 

Ditambah lagi dengan desain tangguh ala motor trail dan ban semi-off-road 12 inci, motor ini memang disiapkan untuk menghadapi beragam kondisi jalanan.

Tyranno hadir dalam enam pilihan warna khas Indonesia seperti Borneo Green, Krakatau Blaze, dan Sanur Beige, memperkuat kesan bahwa motor ini bukan hanya alat transportasi, tapi juga pernyataan gaya hidup. 

Harga Indomobil Emotor Tyranno Rp25.900.000 OTR Jakarta, cukup kompetitif untuk kelas menengah motor listrik, ditambah kelengkapan fitur yang mumpuni.

Tags
Tyranno
test ride tyranno
motor listrik
Indomobil Emotor Tyranno
 
Kendaraan Terkait Lihat Semua