Jakarta, Godcar.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi mengumumkan program Suzuki Product Quality Update untuk 174 unit sepeda motor GIXXER 250SF yang beredar di Indonesia. Program ini difokuskan pada pemeriksaan komponen rear brake caliper bracket demi menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengendara. Proses pengecekan dan perbaikan akan dimulai pada 18 Agustus 2025 di seluruh Bengkel Resmi Suzuki.
Program recall ini memastikan para pemilik GIXXER 250SF mendapatkan layanan pemeriksaan menyeluruh. Bila ditemukan adanya ketidaksesuaian pada komponen pengereman, Suzuki menjamin penggantian suku cadang dan jasa dilakukan tanpa biaya alias gratis. Menurut Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT SIS, langkah ini merupakan bentuk kepedulian Suzuki terhadap para konsumen setia GIXXER 250SF di Tanah Air.
"Kepedulian kami terhadap pelanggan selalu terus berjalan, seperti program Product Quality Update terbaru yang ditujukan bagi pemilik maupun pengguna GIXXER 250SF. Tim Service dari Bengkel Resmi Suzuki siap melakukan pemeriksaan kondisi unit, sehingga pelanggan bebas dari rasa khawatir,” kata Hari.
Hasil evaluasi internal menunjukkan adanya potensi ketidaksesuaian spesifikasi pada beberapa unit GIXXER 250SF dengan tahun produksi 2022–2025. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memengaruhi kinerja pengereman dalam jangka panjang. Karena itu, Suzuki merekomendasikan agar pemilik segera membawa kendaraannya ke Bengkel Resmi untuk pemeriksaan. Jika ditemukan indikasi masalah, proses penggantian komponen GIXXER 250SF akan langsung dilakukan oleh teknisi berpengalaman.
Untuk mempermudah proses, Suzuki menyediakan layanan pengecekan secara daring. Pemilik GIXXER 250SF cukup membuka situs resmi www.suzuki.co.id dan memasukkan nomor rangka kendaraan. Alternatif lain, konsumen bisa langsung datang ke Bengkel Resmi Suzuki terdekat. Proses pemeriksaan GIXXER 250SF hanya memakan waktu sekitar 15 menit, sedangkan pergantian komponen memerlukan waktu maksimal satu jam.
Suzuki menegaskan bahwa jumlah unit GIXXER 250SF yang terdampak tidak terlalu besar, namun informasi ini disampaikan secara terbuka demi transparansi dan keamanan konsumen. “Meski jumlahnya terbatas, kami merasa perlu memberikan informasi ini agar pelanggan GIXXER 250SF merasa tenang dan semakin percaya pada Suzuki,” ujar Hariadi dalam keterangan resminya.
Selain mengikuti program recall GIXXER 250SF, Suzuki juga mengingatkan pentingnya melakukan perawatan berkala di Bengkel Resmi. Konsumen bisa melakukan booking service melalui Halo Suzuki di 0800-1100-800, WhatsApp Halo Suzuki (0811-1993-0800), maupun fitur live chat di situs resmi Suzuki. Dengan begitu, kualitas dan performa GIXXER 250SF tetap terjaga sekaligus meningkatkan aspek keselamatan dalam berkendara.