Jakarta, Goodcar.id – Mengawali paruh kedua tahun 2025, Suzuki Fronx sukses dengan kontribusi signifikan terhadap penjualan Suzuki. Data Juli 2025 menunjukkan Suzuki Fronx menyumbang 28% dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen mobil penumpang dengan porsi 47%.
Menurut laporan resmi Suzuki dikutip 21 Agustus 2025, salah satu faktor yang membuat Suzuki Fronx laris adalah karena teknologi hybrid. Enggak heran jika 89% dari unit Suzuki Fronx yang terjual merupakan varian hybrid.
Bahkan, Fronx berhasil menjadi motor penggerak utama penjualan hybrid Suzuki keseluruhan dengan kontribusi 62%. Artinya, model ini tidak hanya memperkuat posisi Suzuki di segmen SUV, tetapi juga mengokohkan strategi elektrifikasi Suzuki di Indonesia.
Keberhasilan Suzuki Fronx makin terasa di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Suzuki Fronx menjadi penyumbang terbesar penjualan Suzuki di pameran, dengan porsi 38% dari total unit terjual.
Tidak hanya laris manis, Fronx juga mendapat apresiasi publik lewat penghargaan Favorite Passenger Car Crossover, yang semakin memvalidasi kualitas dan inovasi yang ditawarkan Suzuki.
Dongkrak Penjualan Nasional Suzuki
Momentum positif dari Suzuki Fronx berimbas pada kinerja keseluruhan penjualan Suzuki. Pada Juli 2025, penjualan ritel Suzuki melonjak 20% dibanding bulan sebelumnya, menembus lebih dari 5.500 unit.
Kategori mobil penumpang tumbuh 17% dengan kontribusi 60% terhadap total penjualan. Sementara itu, mobil komersial turut naik 26%, terutama berkat kepercayaan konsumen terhadap New Carry. Kombinasi tersebut membuat Suzuki berhasil menempati posisi tiga besar pasar otomotif nasional.
Sejalan dengan strategi multi-pathway Suzuki menuju netralitas karbon, kendaraan hybrid kini memegang peran penting. Sepanjang Juli 2025, model hybrid menyumbang 68% dari total penjualan mobil penumpang Suzuki.
Hal ini menjadi bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap teknologi hybrid Suzuki, yang mampu memberikan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa.
Dengan tren pertumbuhan konsisten, Suzuki optimistis momentum ini akan berlanjut hingga akhir tahun. Fokus utama diarahkan pada pengembangan kendaraan ramah lingkungan, diversifikasi produk, dan peningkatan layanan purnajual.
“Ke depan, kami akan terus memperluas pendekatan kepada masyarakat, serta menghadirkan manfaat penjualan sesuai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Semua ini berjalan beriringan dengan semangat mempopulerkan kendaraan lebih ramah lingkungan, seperti lini hybrid Suzuki,” tutur Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).