Sasis atau rangka mobil menjadi dasar produksi mobil. Secara umum terdapat dua jenis sasis, yaitu ladder frame dan monocoque.
Sama-sama rangka mobil, apa saja yang membedakan kedua jenis sasis tersebut? Bagaimana perbedaan dari segi bahan, karakter, dan dampaknya pada performa mobil? Mari simak ulasan berikut.
Sasis Ladder Frame
Penggunaan ladder frame sebagai sasis mobil dapat ditelusuri hingga awal abad ke-19. Ya, inilah sasis pertama yang diaplikasikan pada mobil. Tentu saja kayu menjadi material sasis mobil saat itu. Kini, sasis ladder frame memakai baja sebagai material utama.
Ladder frame memisahkan rangka dan bodi mobil. Sekilas konstruksi ladder frame menyerupai tangga dengan dua batang melintang dan dihubungkan beberapa batang untuk memperkokoh. Cross-member mengikat kedua batang utama itu di bagian belakang, tengah, dan depan. Kadang sasis ini disebut body on frame.
Kelebihan sasis ladder frame
Sasis ini banyak digunakan karena dipandang lebih ekonomis saat diproduksi. Selain murah, komponen dalam sasis juga disekat-sekat sehingga mempermudah pemasangan dan perbaikan saat terjadi kerusakan. Ground clearance konstruksi sasis ini juga lebih tinggi, sekaligus lebih fleksibel, dan kuat.
Ketangguhan menahan beban juga jadi kelebihan sasis ladder frame. Berbekal kelebihan tersebut, ladder frame jadi andalan produsen mobil memproduksi pick-up, truk, atau SUV khusus off-road.
Kekurangan sasis ladder frame
Karena sasis dan bodi mobil terpisah, bobot kendaraan jauh lebih berat. Kekurangan sasis ini lainnya ada pada kondisi ground clearance tinggi yang membuat mobil rentan limbung atau body roll.
Faktor keamanan juga kerap jadi perhatian saat memilih mobil sasis demikian. Pasalnya, ladder frame tidak dilengkapi konstruksi crumple zone yang berfungsi meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Tentu faktor ini bisa jadi pertimbangan tersendiri.
Sasis Monocoque
Sasis monocoque adalah pengembangan sasis dalam dunia otomotif. Arti monocoque dalam bahasa Prancis berarti tunggal. Maka, konstruksi rangka dan bodi menyatu sehingga sering disebut unibody. Inovasi ini menjanjikan adanya peningkatan faktor kenyamanan dan kendali pada kendaraan.
Desain monocoque menghadirkan struktur rangka yang kaku secara disengaja. Kenyamanan berkendara pun terasa lebih stabil. Apalagi, sasis ini juga terintegrasi dengan crumple zone yang berfungsi meredam energi benturan saat kecelakaan. Hampir semua mobil modern mengusung sasis monocoque, terutama jenis sedan, hatchback, crossover, MPV, dan sports car.
Kelebihan sasis monocoque
Sasis ini mempermudah proses perancangan mobil. Karena bersifat modular, sasis monocoque lebih mudah diaplikasikan dalam berbagai jenis mobil. Dari segi bobot pun sasis lebih ringan lantaran rangka metal memanjang terus sampai bagian terjauh mobil. Jadi, mobil tidak perlu rangka tambahan untuk menahan beban.
Karena bobot lebih ringan, mobil tidak membutuhkan mesin bertenaga besar. Mobil cukup membenamkan mesin berkapasitas kecil untuk menghemat bahan bakar. Selain itu, penggunaan sasis ini membuat ground clearance lebih pendek. Mobil pun lebih mudah dikendalikan, lebih gesit, memiliki aerodinamika yang baik, serta gampang bermanuver.
Kekurangan sasis monocoque
Berlawanan dengan sasis ladder frame, proses konstruksi monocoque cenderung lebih rumit sehingga ongkos produksi bisa meningkat. Sasis ini juga membatasi ground clearance mobil sehingga tidak mungkin diaplikasikan pada kendaraan off-road.
Di sisi lain, kemampuan monocoque menopang bobot kendaraan juga tidak semaksimal ladder frame. Ini juga menjelaskan mengapa pemakaian sasis ini lebih banyak diterapkan pada sedan dan SUV yang sering berkendara di perkotaan.
Pilih Mana: Ladder Frame atau Monocoque?
Setelah membaca penjelasan perbedaan kedua sasis itu, nggak perlu lagi bingung pilih yang mana. Pada dasarnya mobil dibangun dari sasis tertentu dan telah menyesuaikan segmen pengguna mobil tersebut.
Kalau aktivitas kamu lebih banyak di perkotaan, mobil tipe city car seperti SUV perkotaan, sedan, atau hatchback dengan sasis monocoque pilihan terbaik. Sebaliknya, kalau aktivitas kamu sering berkendara ke luar kota dengan jalanan berbelok dan tidak rata, mobil bongsor dengan ground clearance tinggi jadi sahabat sejati.
Ingin lebih mudah, ya cari mobil sesuai kebutuhanmu di GoodCar.id saja! Siap hunting mobil bekas daman teman-teman?