
Jakarta, Goodcar.id – Di tengah gelombang mobil listrik yang semakin ramai menghiasi jalanan kota, Neta V-II hadir sebagai opsi menarik untuk pengguna pemula yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan dengan harga yang masih bersahabat.
Setelah beberapa hari mencoba langsung mobil ini, kami punya catatan lengkap soal performa, kenyamanan, dan efisiensi dari EV mungil yang memiliki daya jelajah dalam satu kali pengisian 401km ini. Dari luar, desain Neta V2 langsung mencuri perhatian.
Siluetnya mengusung gaya crossover futuristik dengan dimensi yang ringkas—pas banget buat berkendara di tengah padatnya lalu lintas perkotaan. Ukurannya yang mungil membuatnya mudah diajak manuver di jalanan sempit.
Masuk ke dalam kabin, kami cukup terkejut dengan ruangnya yang tergolong lega untuk mobil kompak ini. Ruang kepala dan kaki di baris belakang cukup lapang, dan bagasi juga bisa diandalkan untuk kebutuhan harian, bahkan muat koper besar. Jadi, meskipun bodinya kecil, kabinnya tetap fungsional.
Di jalan perkotaan, Neta V-II terasa cukup responsif. Tarikan instan khas mobil listrik langsung terasa, terutama saat menggunakan Sport Mode, yang memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan. Namun, saat kecepatan menyentuh angka 80 km/jam, mobil mulai terasa limbung. Kemungkinan besar ini karena karakter suspensinya yang agak kaku dan bodi tinggi ala crossover.
Kenyamanan dan Fitur
Dari sisi kenyamanan, jok terasa nyaman, namun untuk posisi duduk sulit untuk menemukan posisi ideal, terutama utuk tinggi badan di atas 170cm. Selain itu beberapa fitur standar di mobil sekelasnya, seperti electric retractable mirror, tidak hadir di sini. Fitur hiburan dan keselamatan juga terasa minim jika dibandingkan dengan kompetitor EV lain di kisaran harga yang sama.
Meski begitu mobil ini telah didukung fitur ADAS yang terbilang komplit di kelasnya, dan sangat membantu dalam mendapatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.
Kalau bicara efisiensi, Neta V2. Selama 5 hari pemakaian harian dari Jakarta ke Bekasi pulang-pergi sekitar 50 km per hari, mobil ini hanya perlu satu kali pengecasan. Hemat banget!
Untuk pengisian daya, Neta V2 punya dua opsi. Pertama, AC Charging di rumah dengan daya standar 7 kW yang butuh waktu sekitar 8 jam untuk penuh dari kondisi kosong.
Cocok untuk ngecas semalaman. Kedua, DC Fast Charging, yang bisa isi daya dari 30% ke 80% dalam waktu cuma 30 menit. Tambahan teknologi regenerative braking juga membantu sedikit-sedikit isi ulang baterai saat deselerasi.
Secara keseluruhan, Neta V2 cocok dijadikan mobil listrik harian buat kamu yang tinggal di kota besar. Dengan desain kompak, kabin lega, dan efisiensi daya yang luar biasa, Neta V2 bisa jadi pilihan ideal buat kamu yang pengin EV pertama dengan biaya operasional rendah. Meski masih ada kekurangan di sisi kenyamanan dan fitur, mobil ini tetap layak dipertimbangkan, terutama jika kebutuhan kamu lebih ke mobilitas harian yang praktis dan hemat energi.